Abstrak
Asuhan Muhammadiyah Tanah Abang?. Skripsi Jurusan Pendidikan Agama
Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan metode
etnografi. Karena yang akan diteliti oleh peneliti merupakan gejala sosial yang
terjadi dan budaya-budaya yang ada di tempat tersebut sehingga peneliti dapat
mengatahui semua kegiatan atau proses pembinaan yang ada di panti secara
keseluruhan mulai dari bangun tidur sampai tidur lagi. Data yang diperoleh dalam
penelitian ini melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembinaan pendidikan karakter
dilakukan secara klasikal dan sistem pondok pesantren dengan metode
pembiasaan dan keteladanan, adapun nilai-nilai karakter yang diterapkan di panti
asuhan ini adalah: religius, disiplin, tanggungjawab, mandiri, toleransi, kreatif dan
komunikatif. Dalam pembinaan pendidikan karakter ini motivasi anak asuh serta
fasilitas-fasilitas yang lengkap menjadi faktor pendukung dalam proses
pelaksanaan pembinaan karakter, faktor lain juga disebabkan karena sistem yang
ada di panti asuhan salah satunya funishment dan reward . Adapun dalam proses
pembinaan pendidikan karakter ini mengalami hambatan yaitu terbatasnya waktu
dalam pembinaan, serta lingkungan luar yang tidak bisa dikondisikan. Dalam
proses pembinaan karakter memiliki dampak positif terhadap anak yaitu anak
menjadi lebih disiplin serta mandiri dan tanggungjawab dalam menjalankan
kegiatannya.