Abstrak
Ade Anuriansah, Partisipasi Guru pendidikan agama islam dalam
menegakkan kedisiplinan siswa shalat berjamaah(Studi Kasus di Kelas XI SMA
Muhammadiyah 18 Jakarta Selatan). Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama
Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA.
Penelitian ini bermaksud melihat bagaimana kedisiplinan shalat berjamaah
dilaksanakan di SMA Muhammadiyah 18 Jakarta Selatan. Penelitian ini
merupakan jenis penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian
ini menggunakan pendekatan kualitatif yang memiliki desain riset studi kasus
dengan menggunakan triangulasi sumber data yaitu observasi, wawancara, dan
dokumentasi.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat partisipasi guru sejauh
mana dan siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 18 Jakarta dalam meningkatkan
kedisiplinan siswa kelas XI shalat berjamaah.
Hasil yang peneliti peroleh bahwa Guru PAI sangat berpartisipasi dalam
meningkatkan shalat berjamaah selain itu mengajak guru lainnya untuk
mengarahkan juga untuk shalat berjamaah. Dan jadi semua guru bukan hanya
mengarahkan siswa tetapi harus mencontohkan nya dengan ikut shalat berjamaah
bersama siswa.