OPAC
Perpustakaan
Integrity, Trust, Compassion
 Deskripsi Lengkap
 Kembali
No. Panggil : S05-18006
Judul : Perbedaan Pengetahuan Dan Sikap Siswa Sebelum Dan Sesudah Pemutaran Video Animasi Edukasi Bahaya Formalin Bagi Kesehatan Di Sdn Kebayoran Lama Selatan 09 Jakarta Selatan Tahun 2016
Pengarang : Linda Yulianti
Penerbit dan Distribusi : --- Pilih Fakultas / Unit ---
Subjek : Ilmu Gizi - Gizi
Jenis Bahan : {007/00}
Lokasi :
 
  • Ketersediaan
  • File Digital: 1
  • Ulasan Anggota
  • Sampul
  • Abstrak
Nomor Panggil No. Barkod Ketersediaan
S05-18006 S05-18006 TERSEDIA
Ulasan Anggota:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 74352
 Abstrak
Keamanan makanan jajanan merupakan hal yang sangat penting karena tidak banyak yang tahu apa saja standar keamanan makanan jajanan. Inilah masalah yang menyelimuti dunia jajanan anak-anak, padahal apa yang dikonsumsi anak turut menentukan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) dimasa mendatang. Selain makanan utama yang dimakan tiga kali sehari, anak-anak sangat gemar jajan. Biasanya mereka suka dengan makanan yang dijajakan di dekat sekolah atau sekitar rumah. Oleh karena itu perlunya pendidikan gizi terkait keamanan makanan jajanan disekolah terutama mengenai bahaya formalin salah satunya dengan menggunakan media audio visual berbasis animasi yang memiliki kelebihan yang tidak ada pada media lainnya yaitu: mengikutsertakan semua panca indera, langsung bertatap muka, dan lebih menarik karena ada suara dan gambar bergerak yang tujuannya adalah meningkatkan pengetahuan dan sikap anak usia sekolah khususnya sekolah dasar. Tujuan umum dari penelitian ini adalah mengetahui apakah ada perbedaan pengetahuan dan sikap siswa sebelum dan sesudah pemutaran video animasi edukasi bahaya formalin bagi kesehatan. Penelitian ini menggunakan eksperimen semu (quasi experiment) dengan dengan one group pretest-posttest design yang menggunakan teknik Purposive Sampling. Populasi penelitian ini adalah siswa-siswi kelas 5 SDN Kebayoran Lama Selatan 09. Sampel yang memenuhi kriteria inklusi sebanyak 60 siswa. Penelitian ini menggunakan uji Paired t test dengan uji kenormalan menggunakan Uji Koormogorov Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Ada perbedaan pengetahuan siswa sebelum dan setelah diberikan pemutaran video animasi edukasi bahaya formalin pada makanan jajanan (P-value = 0,000<0,05) , ada perbedaan sikap responden sebelum dan setelah diberikan pemutaran video animasi edukasi bahaya formalin pada makanan jajanan ( P-value = 0,002<0,05) sehingga dapat diasumsikan bahwa Video animasi edukasi bahaya formalin pada makanan jajanan berpengaruh terhadap pengetahuan dan sikap siswa di SDN Kebayoran Lama Selatan 09.
|| Pengguna : Perpustakaan || Tampilan terbaik dengan  Firefox