OPAC
Perpustakaan
Integrity, Trust, Compassion
 Deskripsi Lengkap
 Kembali
No. Panggil : S07-19035
Judul : PERANAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SEBAGAI MOTIVATOR DALAM MENINGKATKAN AKHLAK SISWA KELAS XI (STUDI KASUS DI SMA CENDERAWASIH 1 JAKARTA SELATAN)
Pengarang : EDY SETIAWAN
Penerbit dan Distribusi : --- Pilih Fakultas / Unit ---
Subjek : Peranan guru PAI sebagai motivator, Akhlak siswa
Jenis Bahan : {007/00}
Lokasi :
 
  • Ketersediaan
  • File Digital: 1
  • Ulasan Anggota
  • Sampul
  • Abstrak
Nomor Panggil No. Barkod Ketersediaan
S07-19035 S07-19035 TERSEDIA
Ulasan Anggota:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 74327
 Abstrak
Edy Setiawan, ?Peranan Guru Pendidikan Agama Islam Sebagai Motivator DalamMeningkatkanAkhlakSiswaKelas XI (StudiKasus di SMA Cenderawasih 1 Jakarta Selatan)?. Skripsi, Program StudiPendidikan Agama Islam. Fakultas Agama Islam UniversitasMuhammadiyah Prof. DR. HAMKA. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, karena ingin mengetahui Peranan Guru Pendidikan Agama Islam Sebagai Motivator Dalam Meningkatkan Akhlak Siswa Kelas XI (Studi Kasus di SMA Cenderawasih 1 Jakarta Selatan). Tekhnik pengumpulan data yaitu triangulasi dengan observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket. Angket disebar kepada 75 siswa kelas XI SMA Cenderawsih 1 Jakarta Selatan. Hal ini dapat dilihat berdasarkan hasil angket yaitu bahwa peranan guru PAI sebagai motivator sangat penting bagi siswa demi meningkatan akhlak siswa kelas XI di SMA Cenderawasih 1 Jakarta Selatan sudah sesuai. Guru PAI sebagai educator, leader, fasilitator, dan motivator terkait dengan ajaran agama Islam berperan penting dalam meningkatkan akhlak siswa. Peran Guru PAI sebagai Motivator Siswa Kelas XI yang dapat dilihat dari Guru PAI sebagai pemimpin dalam kelas sebesar 89%. Kemudian guru PAI bisa membangkitkan motivasi belajar siswa kelas XI sebesar 83%. Lalu, strategi guru PAI bisa menumbuhkan motivasi siswa kelas XI sebesar 71%. Dalam Meningkatan Akhlak Siswa Kelas XI yang dapat dilihat dari Perbuatan Yang BerAkhlakul Karimah siswa kelas XI dapat diterapkan siswa sebesar 80%. Kemudian Akhlak salah satu ajaran Agama Islam dapat diterapkan oleh siswa kelas XI sebesar 63%. Lalu, Faktor Internal dan Eksternal Dalam Pembentukan Akhlak Siswa Kelas XI sebesar 89%.Selain itu, pergaulan remaja pada saat ini sangat membutuhkan perhatian dan motivasi khusus dari guru PAI maupun guru lain yang berperan sebagai tenaga pendidik. Orangtua juga berperan penting dalam peningkatan Akhlak siswa karena faktor lingkungan juga sangat berperan penting dalam peningkatan akhlak siswa. Peningkatan Akhlak kelas XI di SMA Cenderawasih 1 Jakarta Selatan hasilnya cukup memuaskan karena pada tahun ini siswa tidak ada lagi membolos di jam pelajaran berlangsung, dan tidak ada yang berpakaian ketat khususnya para siswi nya.
|| Pengguna : Perpustakaan || Tampilan terbaik dengan  Firefox