OPAC
Perpustakaan
Integrity, Trust, Compassion
 Deskripsi Lengkap
 Kembali
No. Panggil : S07-19034
Judul : KONSEP ETIKA MENURUT AL-GHAZALI DAN IMMANUEL KANT (STUDI KOMPARATIF)
Pengarang : ARI WIJAYANTI
Penerbit dan Distribusi : --- Pilih Fakultas / Unit ---
Subjek : Etika, wahyu, metafisika
Jenis Bahan : {007/00}
Lokasi :
 
  • Ketersediaan
  • File Digital: 1
  • Ulasan Anggota
  • Sampul
  • Abstrak
Nomor Panggil No. Barkod Ketersediaan
S07-19034 S07-19034 TERSEDIA
Ulasan Anggota:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 74326
 Abstrak
Komparatif). Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam. Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. Pendidikan merupakan bagian penting dari kehidupan manusia yang tak pernah bisa ditinggalkan. Pendidikan bertujuan untuk membentuk watak dan karakter peserta didik tertuang dalam Undang-undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Didalam dunia pendidikan, ternyata berkembang berbagai bentuk perilaku yang acap justru tidak sesuai, bahkan kontradiktif dengan nilai-nilai etika. Bentuknya bermacam-macam, mulai dari perilaku para pendidik yang tidak mencerminkan jiwa kependidikan, birokrasi yang menyimpang, bisnis disekolah, kekerasan, hingga perilaku siswa yang semakin banyak menjauh dari koridor nilainilai etika. Sesuai dengan karakteristik masalah yang diangkat dalam skripsi ini maka dalam penulisannya, penulis menggunakan metode analisis isi, yaitu mengambil data dari beberapa bahan buku yang dijadikan sebagai bahan referensi. Pendekatan kualitatif penulis gunakan untuk menganalisis tentan konsep etika menurut al-Ghazali dan Immanuel Kant. Penganalisian data ini lebih difokuskan pada penelitian kepustakaan (Library Research), yakni mencari, mengumpulkan, membaca, menyusun, serta menganalisis buku-buku yang sesuai dengan judul skripsi ?Konsep Etika Menurut al-Ghazali dan Immanuel Kant?. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, maka penulis menyimpulkan konsep etika al-Ghazali dan Immanuel Kant sangat berpengaruh. Persamaan antara konsep etika menurut al-Ghazali dan Immanuel Kant ialah keduanya sama-sama menolak metafisika spekulatif dogmatik. Sedangkan perbedaan etika al-Ghazali dan Immanuel Kant adalah etika al-Ghazali bersifat wahyu yakni berlandaskan al-Quran dan Sunnah, sedangkan etika Immanuel Kant bersifat rasio yakni sesuai dengan kehendak manusia. Implikasi konsep etika al-Ghazali ialah terciptanya disiplin akhlak pada peserta didik yang selalu bersandar al-Quran dan Sunnah. Implikasi konsep etika Immanuel Kant ialah terwujudnya pemikiran peserta didik yang lebih rasional dalam menjalani kehidupan yang lebih adil dan bijaksana dengan mengambil keputusan dalam setiap menyelesaikan persoalan.
|| Pengguna : Perpustakaan || Tampilan terbaik dengan  Firefox