Abstrak
Masyrofah, Konsep Demokrasi Pendidikan Menurut Fazlur Rahman dan John
Dewey (Studi Komparatif). Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas
Agama Islam Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA.
Mempunyai pola pikir yang kritis serta tanggung jawab atas apa yang telah
menjadi keputusan para masyarakat dalam menjalani kehidupan mereka merupakan
sebuah keharusan pada era globalisasi saat ini. Untuk itu dalam mencapai keinginan
tersebut perlu adanya pendidikan yang mampu mengajak peserta didik
mengembangkan kreativitas dan bakat yang sudah mereka miliki. Fokus penelitian
dalam skripsi ini adalah (1) Bagaimanakah konsep demokrasi pendidikan menurut
Fazlur Rahman, (2) Bagaimanakah konsep demokrasi pendidikan menurut John
Dewey, (3) Apa persamaan dan perbedaan dari konsep demokrasi menurut Fazlur
Rahman dan John Dewey. Adapun tujuan penelitian ini yakni (1) agar dapat
mengetahui Penerapan konsep demokrasi pendidikan menurut Fazlur Rahman dan
John Dewey di dunia Pendidikan pada saat ini. Penelitian ini menggunakan jenis
penelitian kualitatif, pengumpulan data menggunakan (Library Research), dengan
mencari, mengumpulkan, membaca, menyusun, serta menganalisis buku-buku yang
sesuai dengan judul skripsi ?Konsep Demokrasi Pendidikan Menurut Fazlur Rahman
dan John Dewey?.Dengan demikian, pembahasan dalam skripsi ini dilakukan
berdasarkan telaah pustaka serta beberapa tulisan yang terdapat relevansi dengan
objek kajian yang diteliti. Berdasarkan hasil penelitian skripsi ini adalah : Hasil
penelitian ini menunjukkan, adanya beberapa persamaan dan perbedaan antara
pemikiran Fazlur Rahman dan John Dewey tentang konsep demokrasi pendidikan.
Adapun persamaan dapat dilihat dari pandangan mereka tentang pendidikan yang
mampu mengembangkan kreativitas dan mempunyai sifat kritis serta bertanggung
jawab atas apa yang telah mereka putuskan, adapun hasil analisa mengenai perbedaan
pandangan mereka ada pada keyakinan dan metode yang mereka gunakan dalam
memberikan sebuah pendidikan.