OPAC
Perpustakaan
Integrity, Trust, Compassion
 Deskripsi Lengkap
 Kembali
No. Panggil : S05-18189
Judul : Hubungan antara Status Gizi, Frekuensi Makan, Aktivitas Olahraga, dan Faktor Lingkungan dengan Konsumsi Suplemen Makanan pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Citra Alam Jakarta Tahun 2016
Pengarang : Karimah
Penerbit dan Distribusi : FIKES
Subjek : food supplements, elementary students
Jenis Bahan : {007/00}
Lokasi :
 
  • Ketersediaan
  • File Digital: 1
  • Ulasan Anggota
  • Sampul
  • Abstrak
Nomor Panggil No. Barkod Ketersediaan
S05-18189 S05-18189 TERSEDIA
Ulasan Anggota:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 74308
 Abstrak
Konsumsi suplemen makanan di dunia berdasarkan The Phillips Center for Health and Well-Being (2010) total jumlahnya mencapai 31%, di Indonesia sebanyak 49% menggunakan suplemen makanan melebihi prevalensi konsumsi suplemen penduduk di dunia. Konsumsi suplemen makanan pada anak saat ini dianggap penting untuk kesehatan juga perkembangan otak oleh orang tua. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan antara status gizi, kebiasaan makan, aktivitas olahraga dan faktor lingkungan dengan konsumsi makanan pada anak kelas V Sekolah Dasar Citra Alam Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif dengan desain studi cross sectional. Penentuan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah sampel penelitian sebanyak 49 siswa. Data yang dikumpulkan didapat melalui pengisian kuesioner dengan metode wawancara langsung. Uji statistik yang digunakan adalah uji chi-square. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proporsi anak yang konsumsi suplemen makanan pada siswa adalah 65.3%. Konsumsi suplemen makanan pada siswa memiliki hubungan dengan status gizi anak (p-value 0.030), pengaruh teman sebaya (p-value 0.034), serta keterpaparan media promosi (p-value 0.020). Faktor lain yang diteliti seperti frekuensi makan, aktivitas olahraga, umur ibu, pendidikan terakhir ibu dan status kerja ibu tidak memiliki hubungan dengan konsumsi suplemen makanan
|| Pengguna : Perpustakaan || Tampilan terbaik dengan  Firefox