Abstrak
Arinil Haq, Konsistensi Praktek Religiusitas Alumni Pondok Pesantren
(Studi Kasus Alumni Pondok Pesantren Jam?iyyah Islamiyyah). Skripsi, Program
Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas
Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA.
Latar belakang penelitian ini adalah dengan melihat begitu banyak fakta
yang terjadi bahwa pelajaran keagamaan yang didapatkan khususnya tentang
peribadatan selama di pondok pesantren tidak diaplikasikan kembali ketika sudah
menjadi alumni. Persoalannya disini adalah seberapa besar para alumni santri
mampu menjaga apa yang sudah didapatkannya selama di pondok pesantren ketika
sudah tidak lagi menjadi santri pondok pesantren.
Penelitian ini berupaya mengungkap tentang bentuk-bentuk kegiatan
keagamaan apa yang didapatkan selama di pondok pesantren Jam?iyyah
Islamiyyah, dan apakah dapat dijaga kekonsistenannya setelah santri telah tamat
dari pondok pesantren. Metode pengumpulan datanya adalah observasi,
wawancara, dan dokumentasi, sedangkan analisis yang digunakan adalah kualitatif
deskriptif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bentuk-bentuk kegiatan
keagamaan yang meliputi sholat wajib, sholat dhuha, sholat tahajud, puasa senin
dan kamis, membaca Al-Qur?an, membaca doa harian dan zikir yang dimana bentuk
kegiatan keagamaan tersebut dapat tercerminkan kedalam dimensi religiusitas yaitu
pertama dimensi praktik agama, kedua dimensi pengamalan, ketiga dimensi
pengalaman dan keempat dimensi konsekuensi agama. Masing-masingnya
memiliki tingkat kekonsistenan yang berbeda bagi setiap alumni santri, dan yang
paling rendah tingkat konsistensinya adalah dalam dimensi praktik agama.