Abstrak
ABSTRAKSI
Ahmad Musthafa Kamal , Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk,
Terhadap Kepuasan Nasabah BNI Syariah (Studi Kasus Pada PT. Bank BNI Syariah Kantor
Cabang Fatmawati Jakarta). Skripsi, Program Studi Perbankan Syariah. Fakultas Agama Islam
Universitas Muahammadiyah Prof. DR. HAMKA.
Pekembangan bank syariah di dunia maupun di Indonesia saat ini cukup pesat. Dengan
menggunakan sistem yang berlandaskan Al-Quran dan Assunnah untuk melayani nasabahnya.
Hal ini yang mereka tidak temukan pada bank konvensional. Sehingga, produk yang ada di bank
syariah jauh dari hal ? hal yang dilarang oleh ajaran islam serta pelayanan yang berasal dari hati
yang tulus uuntuk memberikn kepuasan kepada nasabah yang seperti nasabah inginkan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini
adalah data primer dan sekunder yang diperoleh dari penyebaran angket kuesioner dan dari bank.
Selain itu, data diperoleh melalui wawancara dan library reseach. Subjek penelitian ini adalah
PT. Bank BNI Syariah Kantor Cabang Fatmawati Jakarta. Populasi seluruh nasabah perorangan
PT. Bank BNI Syariah Kantor Cabang Fatmawati, pengambilan sampel sebanyak 50 responden
nasabah dengan menggunakan rumus slovin dan diperkuat dengan teori. Teknik yang digunakan
dalam penelitian ini adalah teknik probability sampling dengan menggunakan cara simple
random sampling. Variabel independen dalam penelitian ini adalah Kualitas Pelayanan (X1),
Kualitas Produk Promosi (X2) dan variabel dependen Kepuasan nasabah (Y). Dari hasil analisis
dengan tingkat signifikansi 5% menunjukkan bahwa Kualitas Pelayanan dan Kualitas Produk
berpengaruh positif terhadap Kepuasan Nasabah secara parsial maupun simultan. Dalam
penellitian ini variabel independen dapat menjelaskan variabel dependen sebesar 64.00%
sedangkan 36,00% dijelaskan oleh faktor lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini.