Abstrak
Dengan perkembangan teknologi komunikasi, aktivitas orang
berkomunikasi mengalami perkembangan yang pesat, kini orang dapat
berkomunikasi melalui media baru atau media sosial yang muncul setelah adanya
Internet. Misalnya melalui media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram, dan
situs pengunggah video pribadi seperti YouTube.
YouTube sebagai teknologi baru yang memungkinkan setiap penggunanya
untuk turut memproduksi pesan dan menyebarkannya dalam bentuk video. Vlog
adalah sebuah video yang berada di dalam web yang merupakan suatu bentuk
kegiatan blogging atau dokumentasi dengan menggunakan medium video di atas
penggunaan teks atau audio sebagai sumber media utama yang biasanya berisi
tentang kegiatan sehari-hari, pikiran, opini, dan ketertarikan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian
deskriptif. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Stuart Hall
enkoding dan dekoding. Teori ini digunakan untuk menafsirkan pemaknaan pesan
yang diterima oleh penonton. Metode yang digunakan adalah analisis penerimaan
(reception analysis) Stuart Hall untuk mengkategorikan penonton menjadi tiga
kategori yaitu penerimaan dominan, penerimaan negosiasi, penerimaan
berlawanan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, penerimaan penonton pada tiga
tayangan vlog oleh vlogger asing, penonton lebih cenderung ke penerimaan
dominan.
Saran untuk penelitian ini adalah Saran akademis, diharapkan untuk
penelitian selanjutnya mampu mengkaji tayangan selain vlog wisata seperti vlog
kuliner, gamer, kecantikan. Saran metodologis, diharapkan penelitian berikutnya
menggunakan metode lain seperti metode semiotik untuk membaca tanda atau
lambang dalam isi tayangan vlog. Saran praktis, hasil penelitian ini dapat menjadi
acuan bagi para vlogger dalam menghasilkan tayangan vlog yang lebih kreatif dan
informatif. Saran sosial, hasil penelitianini memberikan pemahaman bagi para
pengguna YouTube dalam memilih tayangan.