Abstrak
Iklan adalah informasi di media massa yang dibayar oleh sponsor tertentu jelas
identitasnya. Produk atau jasa yang ditayangkan dalam iklan mempunyai ciri khas yang
bisa menarik perhatian khalayak. Iklan bertujuan menarik orang agar membeli produk atau
jasanya. Salah satu iklan di televisi adalah parfume AXE deodorant dengan pria sebagai
target pasarnya. Produk parfume deodorant dan pencegah bau badan termasuk produk
perawatan yang paling banyak dipakai pria. Masalah kemudian timbul keberadaan iklan
parfume Axe deodorant di televisi menimbulkan masalah baru, dimana iklan yang pada
awalnya diperuntukan untuk pria dewasa malah dinikmati oleh kalangan remaja. Fenomena
masalah di atas juga terjadi di sekolah SMAN 32 Jakarta dimana sebagian besar anak-anak
siswa remaja di sekolah ini memakai produk parfume Axe deodorant. Fokus penelitian ini
adalah untuk mengetahui apakah terpaan iklan parfume Axe deodorant mempengaruhi minat
beli siswa SMAN 32 Jakarta dalam hal pembelian parfume.
Paradigma penelitian ini adalah positivis sedangkan teorinya SOR dan behaviorisme.
Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis eksplanatif. Teknik
pengumpulan data yang digunakan survei, angket serta wawancara. Sample yang dipilih
adalah pelajar SMAN 32 Jakarta Selatan dengan jumlah 86 orang.
Berdasarkan hasil perhitungan dari keseluruhan tabel, diketahui bahwa pengaruh
tayangan iklan parfume Axe deodorant di televisi terhadap minat beli remaja siswa SMAN 32
Jakarta, berada pada kategori netral menunjukan angka 54,7%. Dalam tabel frekuensi yang
telah dicantumkan 30,2% berpersepsi positif tayangan iklan parfume Axe deodorant di
televisi yang berarti responden mendukung tayangan iklan parfume Axe deodorant di televisi,
dan 15,1% berpersepsi Negatif terhadap tayangan iklan parfume Axe deodorant di televisi.
Hasil ini menjelaskan bahwa pengaruh tayangan iklan parfume axe di televisi terhadap minat
beli remaja siswa SMAN 32 Jakarta tidak berpihak satu dengan yang lain.
Untuk penelitian selanjutnya, akan lebih menarik lagi jika meneliti tentang strategi apa
yang digunakan perusahaan agar konsumen membeli produk yang di iklankan sehingga dapat
meningkatkan penjualan.