Abstrak
Pada saat ini Humas atau Hubungan Masyarakat dalam sebuah organisasi
berperan sangat besar, hampir tidak ada satupun organisasi, perusahaan dan
institusi pemerintahan sekalipun yang tidak memiliki bagian Humas di dalam
struktur organisasinya. Dalam penelitian ini, Humas Pemerintah Kota Bekasi
melakukan strategi dalam mengelola hubungan baik dengan media. Lewat media
relations Humas berupaya menangani isu Kota Bekasi di sosial melalui beberapa
teknis media relations.
Penelitian ini menjelaskan strategi apa yang Humas Pemerintah Kota
Bekasi lakukan dalam membina hubungan baik dengan media dan menangani isu
negatif di sosial. Selain itu, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif,
metode studi kasus dan teori infrormasi organisasi (grand theory) dan konsep
Media Relations yang menjadi landasan pemikiran penelitian ini. Keterikatan teori
informasi organisasi dengan penelitian ini adalah bagaimana Humas Pemerintah
Kota Bekasi memproses ketidakjelasan informasi yang masuk ke Humas baik
yang melalui eksternal maupun internal organisasi.
Hasil penelitian menunjukan Humas Pemkot Bekasi telah melakukan
kegiatan media relations, tidak hanya menggunakan media konvensional dalam
kegiatan penyampaian pesan namun juga menggunakan media baru yaitu media
sosial untuk mengikuti perkembangan teknologi komunikasi. Diharapkan
penelitian selanjutnya menggunakan pendekatan kuantitatif meneliti respon warga
Bekasi terhadap program kerja Humas agar memperoleh data jauh lebih terukur.
Penelitian ini diharapkan memberikan manfaat dan menambah pengetahuan
penelitian selanjutnya dalam kajian teori humas seperti teori informasi organisasi
dan konsep media relations.