Abstrak
Peran Band Slank yang semangat membantu pecandu agar bisa bebas
merupakan wujud nyata mereka memerangi penyalagunaan narkoba, dalam
mengkampanyekan anti narkoba Band Slank berkerja sama oleh pihak badan
narkotika nasional BNN, Band Slank berupaya membuat tahapan strategi komunikasi
upaya dalam mengkampanyekan anti narkoba. Oleh karena itu penelitian ini
memfokuskan pada strategi komunikasi Band Slank dalam mengkampanyekan anti
narkoba.
Penelitian ini menggunakan konsep strategi komunikasi dan teori sistem.
konsep ini digunakan untuk mengetahui proses atau tahapan yang dilakukan oleh
Band Slank dalam menghasilakan sebuah strategi komunikasi. Serta mennggunakan
konsep kampanye humas yang digunakan untuk mengetahui kampanye yang
dilakukan Band Slank yang bekerja sama dengan BNN
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Pendekatan kualitatif
bertujuan untuk menjelaskan fenomena dengan sedalam-dalamnya melalui
pengumpulan data sedalam-dalamnya. Menggunakan jenis penelitian deskritif
bertujuan untuk menggambarkan realitas sosial yang ada di masyarakat yang menjadi
objek penelitian dan berupaya menarik realitas itu ke permukaan.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Band Slank membuat sebuah strategi
komunikasi yang di tuangkan melalui tahapan, mengenal sasaran komunikasi dalam
faktor situasi dan kondisi yaitu komunikan dengan memberikan pesan-pesan yang
tidak terlalu berbobot, pemelihian media yaitu dengan musik,lirik dan film, tahap
tujuan pesan komunikasi yang dilakukan yaitu dengan teknik persuasif atau ajakan,
peranan komunikator dalam komunikasi Band Slank sebagai publik figure. Dalam
kampanye Band Slank yang bekerja sama pihak BNN yaitu dengan konser-konser
yang bertemakan anti narkoba dan juga membuat rehabilitas gratis bagi para
pengguna narkoba untuk sembuh dari ketergantungan narkoba.
Penulis menyarankan kepada penelitian yang akan datang mencoba dengan
metodelogi studi kasus dengan paradigma yang berbeda seperti paradigma kritis
untuk memperkaya refrensi yang ada.