OPAC
Perpustakaan
Integrity, Trust, Compassion
 Deskripsi Lengkap
 Kembali
No. Panggil : S05-18123
Judul : Faktor-faktor Yang Berhubungan Dengan Pengetahuan Menstruasi Siswi Kelas IV, V dan VI di SDN Semanan 06 Pagi Jakarta Barat Tahun 2016
Pengarang : Ikrimah Nuril Izati
Penerbit dan Distribusi : FIKES
Subjek : Kesehatan Masyarakat - Kesehatan Masyarakat
Jenis Bahan : {007/00}
Lokasi :
 
  • Ketersediaan
  • File Digital: 1
  • Ulasan Anggota
  • Sampul
  • Abstrak
Nomor Panggil No. Barkod Ketersediaan
S05-18123 S05-18123 TERSEDIA
Ulasan Anggota:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 74076
 Abstrak
Kesehatan reproduksi ditekankan pada remaja karena besarnya proporsi remaja di dunia, sekitar 1 miliar manusia atau setiap 1 di antara 6 penduduk dunia adalah remaja. Pengetahuan menstruasi pada siswi sekolah dasar masih rendah dan masih sangat tabu untuk dibicarakan, padahal seharusnya sejak dini remaja putri harus mempunyai bekal pengetahuan tetang kesehatan reproduksi terutama menstruasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan pengetahuan tentang menstruasi siswi kelas IV, V, dan VI di SDN Semanan 06 Pagi Jakarta Barat Tahun 2016. Penelitian ini merupakan penelitian survei analitik dengan pendekatan Cross Sectional. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswi kelas IV, V, dan VI di SDN Semanan 06 Pagi Jakarta Barat Tahun 2016 yang belum dan sudah mengalami menstruasi yang berjumlah 97 siswi. Jumlah sampel pada penelitian ini adalah total populasi siswi kelas IV, V, dan VI di SDN Semanan 06 Pagi Jakarta Barat Tahun 2016. Pengambilan sampel menggunakan teknik Total Sampling. Penelitian ini menggunakan data primer melalui pengisian kuesioner. Analisis yang dilakukan adalah analisis univariat dan analisis bivariat menggunakan uji Chi Square. Hasil univariat menunjukkan bahwa respoden sebagian besar berasal dari kelas 5 & 6 sebanyak 52 orang (53,6%), memiliki pendidikan ibu rendah 71 orang (73,2), memiliki ketidak teraparan informasi 71 orang (73,2), memiliki ibu yang tidak berperan 64 orang (66,0%), memiliki guru yang tidak berperan 63 orang (64,9%), memiliki UKS yang tidak berperan 74 orang (76,3%), memiliki teman sebaya yang tidak berperan 51 orang (52,6%). Hasil bivariat menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang bermakna antara variabel kelas (Pvalue 0,000), variabel keterpaparan informasi (Pvalue 0,012), variabel peran guru (Pvalue 0,003) dan pada variabel peran teman sebaya (Pvalue 0,000) dengan pengetahuan menstruasi siswi. Saran, perlu adanya edukasi atau penyuluhan tentang menstruasi pada siswi kelas IV, V, dan VI agar siswi terpapar dengan informasi tentang menstruasi.
|| Pengguna : Perpustakaan || Tampilan terbaik dengan  Firefox