OPAC
Perpustakaan
Integrity, Trust, Compassion
 Deskripsi Lengkap
 Kembali
No. Panggil : S05-19006
Judul : PENGARUH PEER EDUCATION (PENDIDIKAN SEBAYA) TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP TERKAIT PENCEGAHAN ANEMIA GIZI PADA SISWI DI SMAN 111 JAKARTA TAHUN 2018
Pengarang : DINDA AULIA ULFA
Penerbit dan Distribusi : FIKES
Subjek : Anemia gizi besi, remaja, pendidikan sebaya
Jenis Bahan : {007/00}
Lokasi :
 
  • Ketersediaan
  • File Digital: 1
  • Ulasan Anggota
  • Sampul
  • Abstrak
Nomor Panggil No. Barkod Ketersediaan
S05-19006 S05-19006 TERSEDIA
Ulasan Anggota:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 73939
 Abstrak
Salah satu masalah dalam pertumbuhan di masa remaja yang dapat menganggu kualitas penduduk adalah anemia. Pengetahuan yang kurang tentang anemia merupakan salah sau alasan kelompok rawan anemia. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk pencegahan dan penanggulangan anemia adalah dengan pendidikan gizi. Teman sebaya memiliki peran penting dalam pendidikan gizi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh peer education (pendidikan sebaya) terhadap pengetahuan dan sikap terkait pencegahan anemia gizi. Penelitian ini menggunakan Quasi experimental study dengan rancangan non equivalent control group design. Penelitian ini dilakukan di SMAN 111 Jakarta dan SMAN 19 Jakarta dengan melibatkan 80 siswi kelas X dan XI. Variabel dependen yang diteliti yaitu pengetahuan dan sikap. Data dikumulkan melalui pengisian kuesioner secara mandiri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa responden pada penelitian ini rata-rata berumur 16 tahun. Pekerjaan ibu responden sebagian besar ibu rumah tangga atau tidak bekerja. Pekerjaan ayah responden sebagian besar wiraswasta. Hasil uji statistik menunjukkan ada perbedaan pengetahuan dan sikap responden sebelum dan setelah intervensi pada kelompok perlakuan, ada perbedaan pengetahuan sebelum dan seteleah intervensi pada kelompok kontrol, ada perbedaan sikap setelah intervensi pada kelompok kontrol dan kelompok perlakuan, dan tidak ada perbedaan sikap responden sebelum dan setelah intervensi pada kelompok kontrol, tidak ada perbedaan pengetahuan setelah intervensi pada kelompok kontrol dan kelompok perlakuan
|| Pengguna : Perpustakaan || Tampilan terbaik dengan  Firefox