Abstrak
Salah satu masalah dalam pertumbuhan di masa remaja yang dapat
menganggu kualitas penduduk adalah anemia. Pengetahuan yang kurang tentang
anemia merupakan salah sau alasan kelompok rawan anemia. Salah satu cara yang
dapat dilakukan untuk pencegahan dan penanggulangan anemia adalah dengan
pendidikan gizi. Teman sebaya memiliki peran penting dalam pendidikan gizi.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh peer education
(pendidikan sebaya) terhadap pengetahuan dan sikap terkait pencegahan anemia
gizi. Penelitian ini menggunakan Quasi experimental study dengan rancangan non
equivalent control group design. Penelitian ini dilakukan di SMAN 111 Jakarta
dan SMAN 19 Jakarta dengan melibatkan 80 siswi kelas X dan XI. Variabel
dependen yang diteliti yaitu pengetahuan dan sikap. Data dikumulkan melalui
pengisian kuesioner secara mandiri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
responden pada penelitian ini rata-rata berumur 16 tahun. Pekerjaan ibu responden
sebagian besar ibu rumah tangga atau tidak bekerja. Pekerjaan ayah responden
sebagian besar wiraswasta. Hasil uji statistik menunjukkan ada perbedaan
pengetahuan dan sikap responden sebelum dan setelah intervensi pada kelompok
perlakuan, ada perbedaan pengetahuan sebelum dan seteleah intervensi pada
kelompok kontrol, ada perbedaan sikap setelah intervensi pada kelompok kontrol
dan kelompok perlakuan, dan tidak ada perbedaan sikap responden sebelum dan
setelah intervensi pada kelompok kontrol, tidak ada perbedaan pengetahuan
setelah intervensi pada kelompok kontrol dan kelompok perlakuan