Abstrak
Peningkatan angka prevalensi kejadian DM tiap tahunnya terus meningkat,
salah satu penyebabnya adalah kurangnya pengetahuan terhadap penyakit DM
yang mempengaruhi seseorang untuk berpotensi terkena DM. Tujuan penelitian
ini adalah untuk mengetahui perubahan pengetahuan DM akibat pemberian media
leaflet pada siswa kelas XI IPA di SMAN 28 Kabupaten Tangerang pada tahun
2019. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan Quasi
Eksperiment dengan Nonequivalent Control Group Design. Jumlah sampel yang
diambil terdiri dari 144 siswa terbagi atas kelompok eksperimen sebanyak 72
siswa dan kelompok kontrol sebanyak 72 siswa. Teknik pengambilan sampel
adalah purposive sampling. Penelitian dilaksanakan dengan membagi sampel
menjadi dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol.
Penelitian dilakukan dengan memberikan kuesioner kepada responden. Analisis
data yang digunakan adalah analisis univariat dan bivariate (Uji Wilcoxon 2
Sampel dan Uji Independent Sampel T.Test). Hasil penelitian ini menunjukkan
bahwa terdapat peningkatan responden terhadap perubahan pengetahuan yang
mengalami kenaikan pada kelompok eksperimen yaitu 77.4%. Berdasarkan
analisis bivariat menyatakan kelompok eksperimen dan kelompok kontrol
memiliki perbedaan skor sebelum dan sesudah pengetahuan (Pvalue < 0.05) serta
memiliki nilai selisih sebelum dan sesudah pengetahuan pada kelompok
eksperimen dan kelompok kontrol (Pvalue < 0.005). Berdasarkan hasil penelitian
disarankan untuk pihak sekolah bekerja sama dengan petugas kesehatan sekitar
untuk melakukan program penyuluhan/edukasi sebagai langkah awal
pencegahan/upaya promotif dan preventif suatu penyakit.