OPAC
Perpustakaan
Integrity, Trust, Compassion
 Deskripsi Lengkap
 Kembali
No. Panggil : S06-20062
Judul : Proses Adopsi Penggunaan Aplikasi Ruangguru Di Smartphone Kalangan Murid SMP PGRI 2 Ciledug Tangerang
Pengarang : Dimas Apriadi Nurohman
Penerbit dan Distribusi : FISIP
Subjek : Proses Adopsi, SMP PGRI 2 Ciledug Tangerang, Aplikasi Ruangguru
Jenis Bahan : {007/00}
Lokasi :
 
  • Ketersediaan
  • File Digital: 1
  • Ulasan Anggota
  • Sampul
  • Abstrak
Nomor Panggil No. Barkod Ketersediaan
S06-20062 S06-20062 TERSEDIA
Ulasan Anggota:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 73787
 Abstrak
Bimbingan belajar kini menjadi salah satu hal yang sangat penting yang dibutuhkan siswa. Seiring berkembangnya jaman dan teknologi, konsep bimbingan belajar terkensan konvensional dan mulai merasa membosankan. Adapula kini meyediakan bimbingan belajar secara online dan memudahkan siswa untuk mengakses kapan saja, PT. Ruang Raya Indonesia hadir sebagai perusahaan yang membuat inovasi dalam pembelajaran pada aplikasi yang berbasis internet di smartphone yaitu, aplikasi Ruangguru yang mempermudah para murid dalam belajar. Perumusan masalah yang akan dibahas dalam penelitian ini, yaitu ?Bagaimana proses adopsi penggunaan aplikasi Ruangguru di smartphone kalangan murid SMP PGRI 2 Ciledug Tangerang??. Penelitian ini menggunakan paradigma positivisme. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket atau kuisioner. Penelitian ini menggunakan teori Difusi Inovasi untuk menjelaskan bagaimana proses adopsi murid dalam menggunakan aplikasi Ruangguru tersebut. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif serta jenis penelitian yang digunakan bersifat deskriptif dan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah survey. Populasi dalam penelitian adalah kalangan murid SMP PGRI 2 Ciledug Tangerang kelas 7, 8, dan 9 berjumlah 380 murid. Sampel yang didapat 80 murid dengan mengukur menggunakan rumus Slovin. Pengumpulan data dalam penelitian menggunakan kuesioner atau angket yang diberikan kepada responden, yaitu murid SMP PGRI 2 Ciledug Tangerang kelas 7, 8, dan 9. Selanjutnya, penelitian ini melakukan uji validitas dan reliabilitas. Hasil penelitian yang didapat adalah skor tertinggi dalam keseluruhan tahap proses adopsi penggunaan aplikasi Ruangguru berada pada indikator ?Implementasi Aplikasi Ruangguru? dengan skor 330. Skor terendah dalam keseluruhan tahap proses adopsi penggunaan aplikasi Ruangguru berada pada indikator ?Pengetahuan Aplikasi Ruangguru? dengan skor 316. Artinya, hasil proses adopsi inovasi pada aplikasi Ruangguru menunjukkan dari keseluruhan tahap proses adopsi pada indikator implementasi yang mencapai tingkat paling tinggi yang menjadi bukti responden mulai mengunduh dan mendaftar aplikasi Ruangguru pada smartphone. Disusul dengan skor konfirmasi sebesar 329 artinya responden tersebut dikategorikan sebagai pengguna dengan merasakan berbagai keuntungan yang didapatkan pada aplikasi Ruangguru.
|| Pengguna : Perpustakaan || Tampilan terbaik dengan  Firefox