Abstrak
Berdasarkan analisis Charles Sander Peirce terhadap iklan wardah
versi: pernikahan, inspirasi make-up hari raya, edisi ramadhan dan edisi Ria
Miranda ditemukan praktik komodifikasi tanda-tanda Islami pada iklan.
Penulis menyimpulkan tanda-tanda Islami yang terdapat pada iklan wardah
merupakan bagian dari aturan yang di buat oleh Allah SWT bagi umatnya,
dan aturan tersebut memiliki kesakralan dan menjadi kepercayaan serta
keyakinan umat muslim, yang mampu menjadi Dakwah pada iklan.
Sebuah dakwah bukan saja berupa ceramah yang dilakukan oleh
ustadz, namun yang dimaksud dakwah bisa dilakukan oleh siapa saja dan
semua umat Islam berhak berdakwah dan memiliki tanggung jawab untuk
berdakwah.
Dakwah yang dilakukan oleh wardah memang tidak secara terangterangan
namun dakwah yang dilakukan wardah pada iklannya secara tersirat
dengan menggunakan ornamen islam seperti jilbab, aturan halal haram, dan
sebagainya, yang mampu diserap oleh sermentasinya secara tidak sadar jika
itu adalah himbauan atau ajakan yang mengarahkan kearah lebih baik yaitu
dakwah.