OPAC
Perpustakaan
Integrity, Trust, Compassion
 Deskripsi Lengkap
 Kembali
No. Panggil : S023-00080
Judul : Perbedaan Kematangan Emosi Siswa Laki-Laki dan Siswa Perempuan Kelas XI di SMK Darussalam Jakarta
Pengarang : Wivy Widianingsih
Penerbit dan Distribusi : 2018
Subjek : KEMATANGAN EMOSI
Jenis Bahan : {007/00}
Lokasi : Perpustakaan
 
  • Ketersediaan
  • File Digital: 1
  • Ulasan Anggota
  • Sampul
  • Abstrak
Nomor Panggil No. Barkod Ketersediaan
S023-00080 S023-00080 TERSEDIA
Ulasan Anggota:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 73697
 Abstrak
WIVY WIDIANINGSIH. Perbedaan Kematangan Emosi Siswa Laki-laki dan Siswa Perempuan Kelas XI SMK DARUSSALAM Jakarta. Skripsi. Jakarta: Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA, 2018. Masa remaja merupakan suatu masa yang sangat penting. Suatu masa di saat seseorang harus banyak belajar mengenai berbagai segi kehidupan dari masa peralihan dari masa anak-anak menjadi masa dewasa. Faktor lain yang menyebabkan meningginya emosi remaja, karena adanya tekanan sosial, menghadapi kondisi dan lingkungan baru. Kematangan emosi disebabkan oleh banyak faktor, Salah satunya faktor jenis kelamin.Perbedaan emosi antara lakilaki dan perempuan lebih sering muncul pada situasi yang menyoroti peran sosial dan suatu hubungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kematangan emosi laki-laki dan perempuan kelas XI SMK Darussalam Jakarta. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif komperatif. Populasi penelitian ini yaitu kelas XI yang berjumlah 219 siswa dengan sampel 54 siswa yang terdiri 27 siswa laki-laki dan 27 siswa perempuan. Teknik pengambilan sampel yaitu propotional random sampling. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara undian atau lottre dari tiap kelas XI. Uji validitas menggunakan Pearson Product Moment dan uji reliabilitas Cronbach Alpha yang didapat sebesar 0,694, hal ini menunjukan bahwa item-item pernyataan sudah reliabilitas karena melebihi nilai minimal 0,6. Teknik analisis data menggunakan metode Independent Sample T-Test, hasil analisis diperoleh nilai t sebesar 2.147, ada tanda minus menunjukan adanya perbedaan dan nilai sig 0,036 > 0,05 menunjukan menolak Ho dan menerima Ha artinya terdapat perbedaan kematangan emosi siswa laki-laki dan siswa perempuan. Mean yang diperoleh untuk siswa laki-laki 103,37 dan 98,56 untuk siswa perempuan, nilai tersebut bermakna kematangan emosi siswa laki-laki lebih besar dibandingkan siswa perempuan. Hasil penelitian ini terdapat perbedaan kematangan emosi siswa laki-laki dan siswa perempuan. Kata Kunci : kematangan emosi, laki-laki, perempuan
|| Pengguna : Perpustakaan || Tampilan terbaik dengan  Firefox