OPAC
Perpustakaan
Integrity, Trust, Compassion
 Deskripsi Lengkap
 Kembali
No. Panggil : S023-00073
Judul : Upaya Peningkatan Kepercayaan Diri Melalui Bimbingan Kelompok Pada Siswa Kelas VIII SMPN 102 Jakarta
Pengarang : Triyanto
Penerbit dan Distribusi : 2018
Subjek : KEPERCAYAAN DIRI
Jenis Bahan : {007/00}
Lokasi : Perpustakaan
 
  • Ketersediaan
  • File Digital: 1
  • Ulasan Anggota
  • Sampul
  • Abstrak
Nomor Panggil No. Barkod Ketersediaan
S023-00073 S023-00073 TERSEDIA
Ulasan Anggota:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 73688
 Abstrak
Triyanto. Upaya Peningkatan kepercayaan diri melalui bimbingan kelompok pada siswa kelas VIII SMP Negeri 102 Jakarta. Skripsi: Fakulas Keguran dan Ilmu Pendidian Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. 2018 Latar belakang masalah yang diteliti adalah kurangnya kepercayaan diri pada siawa kelas VIII SMP Negeri 102 Jakarta yang tampak dalam perilaku diantaranya: siswa menunjukan rasa takut untuk mengikuti seleksi pengurus OSIS, malu tampil didepan kelas, kebiasaan mencontek, kurang bersemangat dalam mengikuti pelajaran, tidak mengerjakan tugas-tugas dari guru mata pelajaran, dan kompetisi berprestasi rendah. Gambaran perilaku di atas cerminan dari kurangnya kepercayaan diri pada sebagian siswa yang berdampak pada hasil prestasi belajarnya juga rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya meningkatkan kepercayaan diri melalui bimbingan kelompok pada siswa kelas VIII SMP Negeri 102 Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan penelitian tindakan bimbingan dan konseling (PTBK) melalui 2 siklus 4 pertemuan. Seiap pertemuan dengan tema yang berbeda, dengan populasi penelitian siawa kelas VIII SMP Negeri 102 Jakarta sebanyak 178 siswa. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 9 siswa. Teknik pengambilan sampel dengan teknik purposive sample dengan kriteria siswa yang memiliki kepercaan dirinya rendah Hasil penelitian dari siklus I diperoleh skor 71,11 (79 %) dan siklus 2 diperoleh skor 75,22 (83,57 %) ada perbedaan skor 4,11 (4,57 %). Kondidsi ini menjelaskan keberhasilan dari layanan bimbingan kelompok dalam mengatasi kepercayaan diri siswa. Terbukti pencapaian target sebanyak 7 siswa meningkat kepercayaan dirinya. Dengan demikian disimpulkan layanan bimbingan kelompok dapat meningkatkan kepercayaan diri. Kata kunci : bimbingn kelompok, kepercayaan diri
|| Pengguna : Perpustakaan || Tampilan terbaik dengan  Firefox