Abstrak
Triyanto. Upaya Peningkatan kepercayaan diri melalui bimbingan kelompok
pada siswa kelas VIII SMP Negeri 102 Jakarta. Skripsi: Fakulas Keguran dan
Ilmu Pendidian Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. 2018
Latar belakang masalah yang diteliti adalah kurangnya kepercayaan diri pada
siawa kelas VIII SMP Negeri 102 Jakarta yang tampak dalam perilaku
diantaranya: siswa menunjukan rasa takut untuk mengikuti seleksi pengurus
OSIS, malu tampil didepan kelas, kebiasaan mencontek, kurang bersemangat
dalam mengikuti pelajaran, tidak mengerjakan tugas-tugas dari guru mata
pelajaran, dan kompetisi berprestasi rendah. Gambaran perilaku di atas cerminan
dari kurangnya kepercayaan diri pada sebagian siswa yang berdampak pada hasil
prestasi belajarnya juga rendah.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya meningkatkan kepercayaan
diri melalui bimbingan kelompok pada siswa kelas VIII SMP Negeri 102 Jakarta.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan penelitian
tindakan bimbingan dan konseling (PTBK) melalui 2 siklus 4 pertemuan.
Seiap pertemuan dengan tema yang berbeda, dengan populasi penelitian siawa
kelas VIII SMP Negeri 102 Jakarta sebanyak 178 siswa. Sampel dalam penelitian
ini sebanyak 9 siswa. Teknik pengambilan sampel dengan teknik purposive
sample dengan kriteria siswa yang memiliki kepercaan dirinya rendah
Hasil penelitian dari siklus I diperoleh skor 71,11 (79 %) dan siklus 2
diperoleh skor 75,22 (83,57 %) ada perbedaan skor 4,11 (4,57 %). Kondidsi ini
menjelaskan keberhasilan dari layanan bimbingan kelompok dalam mengatasi
kepercayaan diri siswa. Terbukti pencapaian target sebanyak 7 siswa meningkat
kepercayaan dirinya. Dengan demikian disimpulkan layanan bimbingan kelompok
dapat meningkatkan kepercayaan diri.
Kata kunci : bimbingn kelompok, kepercayaan diri