Abstrak
SUSI SELITA. Kontribusi Kecerdasan Intelektual terhadap Minat Belajar Siswa
Kelas VIII di MTs Negeri 33 Jakarta. Skripsi. Jakarta: Program studi Bimbingan dan
Konseling. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Prof.
DR. HAMKA, 2017.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena yang terjadi di sekolah MTs
Negeri 33 Jakarta kecerdasan intelektual yang dimiliki siswa tidak menampakkan
minat belajar yang tinggi. Idealnya siswa yang memiliki kecerdasan intelektual
yang tinggi memiliki minat belajar yang tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui dan mendeskripsikan kontribusi kecerdasan intelektual terhadap minat
belajar siswa kelas VIII MTs Negeri 33 Jakarta. Penelitian ini menggunakan
metode kuantitatif asosiatif. Populasi penelitian siswa kelas VIII berjumlah 173
siswa. Sampel penelitian 34. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik
simple random sampling dengan mengambil 20% dari jumlah populasi. Data
diperoleh thitung =
4950, dan ttabel = 1,697 pada taraf α=0,05. Sehingga thitung > ttabel, maka Ho ditolak H1
diterima. Hasil penelitian yang diperoleh thitung > ttabel dapat disimpulkan ada
kontribusi kecerdasan intelektual terhadap minat belajat siswa kelas VIII MTs
Negeri 33 Jakarta.
Kata Kunci : kecerdasan intelektual, minat belajar