Abstrak
Selly Apriliyani. Perbedaan Efikasi Diri Antara Mahasiswa Rantau dan
Mahasiswa Tidak Rantau Angkatan 2017 Di Program Studi Bimbingan dan
Konseling FKIP UHAMKA. Skripsi. Jakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu
Pendidikan Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA, 2018.
Latar masalah penelitian adalah munculnya fenomena mahasiswa yang
berasal dari daerah yang beragam, salah satunya dikategorikan rantau dan tidak
rantau dengan tujuan yang sama yaitu melanjutkan studi di perguruan tinggi
dengan lulus tepat waktu dan memiliki sumber efikasi diri yang berbeda.
Mahasiswa rantau memiliki efikasi diri yang cenderung tinggi dan mahasiswa
tidak rantau memiliki efiaksi diri yang cenderung rendah. Penelitian ini bertujuan
untuk menggambarkan perbedaan efikasi diri mahasiswa rantau dan mahasiswa
tidak rantau angkatan 2017 di program studi Bimbingan dan Konseling FKIP
UHAMKA. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif
komparasi. Populasi penelitian ini seluruh mahasiswa Bimbingan dan Konseling
angkatan 2017 yang berjumlah 121 orang. Sampel penelitian berjumlah 62
mahasiswa, yang terdiri dari 31 mahasiswa rantau dan 31 mahasiswa tidak rantau.
Teknik pengambilan sampel dengan teknik Purposive Sampling yaitu
pengambilan sampel berdasarkan kriteria yang sudah ditetapkan. Teknik analisis
data menggunakan nonparametrik dengan metode uji hipotesis U-test (Mann
Whitney). Diperoleh Zhitung sebesar -5,207, dan Ztabel 1,96, berarti Zhitung < Ztabel,
yang bermakna Ho ditolak Ha diterima. Hasil penelitian dapat disimpulkan ada
perbedaan efikasi diri antara mahasiswa rantau dan mahasiswa tidak rantau
angkatan 2017 di program studi Bimbingan dan Konseling FKIP UHAMKA.
Kata Kunci : efikasi diri, mahasiswa rantau, mahasiswa tidak rantau