OPAC
Perpustakaan
Integrity, Trust, Compassion
 Deskripsi Lengkap
 Kembali
No. Panggil : S023-00064
Judul : Pengaruh Layanan Informasi Terhadap Motivasi Belajar Kelas VIII 2 di SMPN 44 Bekasi
Pengarang : Rvi Risnaini
Penerbit dan Distribusi : 2018
Subjek : MOTIVASI BELAJAR
Jenis Bahan : {007/00}
Lokasi : Perpustakaan
 
  • Ketersediaan
  • File Digital: 1
  • Ulasan Anggota
  • Sampul
  • Abstrak
Nomor Panggil No. Barkod Ketersediaan
S023-00064 S023-00064 TERSEDIA
Ulasan Anggota:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 73677
 Abstrak
RVI RISNAINI. Pengaruh Layanan Informasi Terhadap Motivasi Belajar Kelas VIII 2 di SMPN 44 Bekasi. Skripsi. Jakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA, 2018. Latar belakang permasalahan penelitian berkaitan dengan fenomena dunia pendidikan masih ada siswa belum memiliki motivasi belajar. Motivasi belajar sangat diperlukan oleh siswa untuk mendorong dalam melakukan aktivitas belajar. Banyak siswa yang lebih mengutamakan bermain bahkan tidur dikelas, sehingga diperlukan layanan informasi tentang pengembangan diri secara variatif. Penelitian bertujuan untuk memperoleh hasil secara deskriptif pengaruh layanan informasi terhadap motivasi belajar sebagai upaya untuk memperoleh hasil belajar yang optimal. Penelitian menggunakan metode Pre-experimental Design dengan bentuk rancangan One Group Pre-test and Post-test Design. Populasi berjumlah 105 siswa, menggunakan teknik purposive sampling dengan kriteria siswa yang memiliki motivasi belajar rendah, sampel penelitian terdiri dari 40 siswa. Teknik pengumpulan data dengan cara memberikan instrumen angket pernyataan dengan empat pilihan skala Likert yang telah diuji melalui uji validitas dan reliabilitas yang menghasilkan nilai 0.890 yang berarti instrumen dapat digunakan sebagai alat pengumpul data. Teknik analisis data yang digunakan adalah Wilcoxon dan diperoleh nilai Sig 0,021 < 0,050. Dasar pengambilan keputusan apabila nilai Sig < 0,05 bahwa Ho di tolak atau Ha diterima terlihat dari sub indikator keinginan untuk berhasil dalam belajar, dorongan meningkatkan pengetahuan, kegiatan belajar yang menarik dan lingkungan belajar kondusif yang mengalami peningkatan dari sebelum dan sesudah pemberian layanan informasi. Hasil penelitian diperoleh skor sebelum layanan informasi 4873 dan skor setelah layanan informasi 5000 yang menunjukan bahwa layanan informasi dapat mempengaruhi motivasi belajar yang dimiliki siswa, ada pengaruh antara layanan informasi terhadap motivasi belajar siswa. Kata Kunci : layanan informasi, motivasi belajar
|| Pengguna : Perpustakaan || Tampilan terbaik dengan  Firefox