Abstrak
Rosmada. Upaya Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa Melalui Layanan
Bimbingan Kelompok Pada Siswa kelas XI IPS 3 SMA Negeri 42 Jakarta :
PTBK Jakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas
Muhammadiyah Prof. DR. Hamka 2018.
Penelitian ini dilatar belakangi karena melihat kondisi kurangnya
Kepercayaan Diri siswa dalam belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah
meningkatkan Kepercayaan Diri melalui Layanan Bimbingan kelompok pada
siswa kelas XI IPS 3 SMA Negeri 42 Jakarta. Subjek penelitian berjumlah 12
siswa. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Bimbingan
Konseling (PTBK) Penelitian menggunakan 2 siklus dan masing-masing
siklus dilaksanakan dua kali pertemuan. Hasil penelitian sebelum
mendapatkan tindakan kegiatan bimbingan kelompok ada 12 siswa
Kepercayaan Diri rendah, target yang ingin dicapai adalah 50% (6 siswa).
Setelah dilakukan tindakan siklus 1 terjadi peningkatan yang mempunyai
Kepercayaan Diri yang tinggi sebanyak 6 siswa, 1 siswa kategori sedang 5
siswa. Rata ? rata skor pada siklus 1 termasuk dalam kategori sedang yaitu
63,32%, dan pada siklus ke 2 terjadi peningkatan yang sangat baik , 6 siswa
termasuk tinggi dan 4 orang termasuk dalam kategori tinggi, rata-rata skor
pada siklus 2 adalah 78%. Peningkatan skor tersebut membuktikan bahwa
layanan bimbingan kelompok dapat meningkatkan kepercayaan diri siswa di
kelas XI SMA Negeri 42 Jakarta.
Kata kunci : Layanan Bimbingan Kelompok, Kepercayan Diri.