Abstrak
Qurotu Aini, Pengaruh Lingkungan Belajar Terhadap Motivasi Belajar Siswa Di
Kelas VIII SMPN 222 Jakarta timur. Skripsi. Jakarta : Fakultas Keguruan dan
Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA, 2016.
Penelitian ini berlatar belakang pada lingkungan belajar terhadap motivasi
belajar yang dimiliki setiap peserta didik. Lingkungan belajar merupakan wadah
yang paling penting digunakan sebagai media pembelajaran dalam proses belajar
mengajar disekolah.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lingkungan belajar
terhadap motivasi belajar siswa kelas VIII. Populasi peneliti ini berjumlah 214
siswa yang digunakan sebagai sampel penelitian yaitu 54 siswa.
Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu sampel pengambilan
acak atau random sampling. Penelitian ini menggunakan metode penelitian
kuantitatif asosiatif. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji-t dan
diperoleh hasil thitung sebesar 82,3 dari hasil ttabel 1,6736, berarti Ho ditolak dan Ha
diterima. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh lingkungan
belajar terhadap motivasi belajar siswa.
Kata Kunci: lingkungan belajar, motivasi belajar.