OPAC
Perpustakaan
Integrity, Trust, Compassion
 Deskripsi Lengkap
 Kembali
No. Panggil : S023-00044
Judul : Pengaruh Kecerdasan Spiritual Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas XI SMA Negeri 4 Pandeglang
Pengarang : Miftahu Fajar Khoiri
Penerbit dan Distribusi : 2017
Subjek : KECERDASAN SPIRITUAL
Jenis Bahan : {007/00}
Lokasi : Perpustakaan
 
  • Ketersediaan
  • File Digital: 1
  • Ulasan Anggota
  • Sampul
  • Abstrak
Nomor Panggil No. Barkod Ketersediaan
S023-00044 S023-00044 TERSEDIA
Ulasan Anggota:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 73653
 Abstrak
Miftahu Fajar Khoiri 1301015082 (2017). Pengaruh Kecerdasan Spiritual Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas XI Di SMA Negeri 4 Pandeglang. Skripsi. Program Studi Bimbingan Dan Konseling Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiah Prof. Dr. Hamka. Jakarta Penelitian ini berangkat dari fenomena banyaknya siswa yang sering sekali tidak masuk sekolah tanpa keterangan (bolos) sedangkan siswa berangkat dari rumah untuk ke sekolah, tidak mengerjakan pekerjaan rumah (PR), dan bahkan hal kecilnya saja, siswa malas aktif di dalam kelas dan bahkan ada siswa yang tidur saat jam pelajaran sedang berlangsung. Hal tersebut hanyalah sebagian kecil permasalahan yang disebabkan kurang baiknya sikap spiritual dalam diri siswa. Kurangnya spiritual dalam diri siswa itu yang mengakibatkan kurangnya motivasi siswa dalam belajar. Namun, sebaliknya apabila spiritual dalam diri siswa baik maka motivasi untuk mendorong siswa belajarpun akan baik. Penelitian bertujuan untuk mendapatkan data empirik terkait pengaruh kecerdasan spiritual terhadap motivasi belajar siswa SMA Negeri 4 Pandeglang. Penelitian dilakukan terhadap siswa kelas XI SMA Negeri 4 Pandeglang jumlah siswa 366 lalu dengan menggunakan simple random sampling diambil 10% maka siswa yang di jadikan sample berjumlah 38 siswa. Metode penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif komparatif. Validitas item menggunakan analisis statistik Rank-Spearman. Pada uji coba instrumen diperoleh nilai reliabelitas kecerdasan spiritual sebesar 0,903312878 dan motivasi belajar sebesar 0,924116355, artinya tingkat pengaruh kecerdasan spiritual terhadap motivasi belajar sangat tinggi. Hasil dari uji normalitas menunjukan Lhitung kecerdasan spiritual sebesar -3,29517 dan motivasi belajar sebesar -0,3674. Sedangkan Ltabel pada taraf signifikan α = 0,05 untuk n=38 diperoleh skor sebesar 0,143 dan untuk n=38 diperoleh skor sebesar 0.143. Maka hasil perhitungan dapat disimpulkan bahwa data kecerdasan spiritual dan motivasi belajar berdistribusi Normal. Hasil dari uji homogenitas menunjukan bahwa Fhitung < yaitu Fhitung sebesar 1,21 < Ftabel sebesar 1,72 maka Ho diterima, artinya kedua kedua variabel data mempunyai varians yang sama atau homogen. Dari hasil uji-t menunjukkan ttabel = 2,021. Ternyata thitung> dari ttabel atau 5,80 > 2,021 dengan taraf signifikan α = 0,05 sehingga Hi diterima dan Ho ditolak maka terdapat pengaruh kecerdasan spiritual terhadap motivasi belajar. Berdasarkan hasil penelitian yang dilaksanakan dapat disimpulkan secara umum menunjukan terdapat pengaruh kecerdasan spiritual terhadap motivasi belajar siswa kelas XI SMA Negeri 4 Pandeglang. Kata kunci : kecerdasan, spiritual, dan motivasi belajar
|| Pengguna : Perpustakaan || Tampilan terbaik dengan  Firefox