OPAC
Perpustakaan
Integrity, Trust, Compassion
 Deskripsi Lengkap
 Kembali
No. Panggil : S023-00032
Judul : Hubungan Status Sosial Ekonomi Orang Tua Dengan Kepercayaan Diri Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 49 Jakarta Timur
Pengarang : Iis Dahlia
Penerbit dan Distribusi : 2017
Subjek : STATUS SOSIAL EKONOMI
Jenis Bahan : {007/00}
Lokasi : Perpustakaan
 
  • Ketersediaan
  • File Digital: 1
  • Ulasan Anggota
  • Sampul
  • Abstrak
Nomor Panggil No. Barkod Ketersediaan
S023-00032 S023-00032 TERSEDIA
Ulasan Anggota:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 73641
 Abstrak
Iis Dahlia. Hubungan Status Sosial Ekonomi Orang Tua dengan Kepercayaan Diri Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 49 Jakarta. Skripsi. Jakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA, 2017. Latar belakang permasalahan penelitian, siswa yang memiliki rasa percaya diri karena status sosial ekonomi orang tua rata-rata cenderung menengah ke atas. Rasa percayaan diri siswa di sekolah menengah ke atas akan terkait dengan cara belajar, prestasi belajar, sehingga kemampuan memberikan fasilitas orang tua akan berdampak pada prestasi belajar sisiwa. Tujuan Penelitian untuk menemukan hasil kepercayaan diri siswa terkait dengan kondisi ekonomi orang tua dalam memberikan fasilitas belajar siswa. Penelitian menggunakan metode kuantitatif asosiatif, untuk memperoleh hasil hubungan status sosial ekonomi orang tua dengan kepercayaan diri siswa dengan jumlah populasi 323 orang siswa dan sampel yang diambil 10% dari populasi, sehingga berjumla 32 orang siswa dengan menggunakan teknik sampling random sampling dengan metode undian. Hasil perhitungan statistik uji normalitas status sosial ekonomi L0 hitung < L0 tabel ( 0,0384 < 0,156) dan kepercayaan diri L0 hitung < L0 tabel (0,0735 < 0,156) yang berarti data berdistribusi normal, hasil perhitungan linieritas regresi Fhitung < Ftabel (-0,799 < 2,37) maka regresi linier. Pengujian Hipotesis dilakukan dengan product moment didapat rhitung > rtabel (0,778 > 0,339) sehingga Ha diterima karena siswa yang memiliki status sosial ekonomi orang tua tinggi lebih percaya diri dalam berinteraksi dengan teman sebaya, karena status sosial ekonomi orang tua yang tinggi mampu memenuhi kebutuhan belajar siswa dengan fasilitas dan sarana yang diperlukan. Hasil penelitian disimpulkan bahwa terdapat hubungan status sosial ekonomi orang tua dengan kepercayaan diri siswa. Status sosial ekonomi orang tua menengah ke atas dapat memfasilitasi kebutuhan siswa sehingga akan lebih percaya diri dalam berinteraksi baik dengan teman sebaya juga lingkungan formal dan non-formal, Kata kunci: Status sosial ekonomi orang tua, kepercayaan diri
|| Pengguna : Perpustakaan || Tampilan terbaik dengan  Firefox