Abstrak
ALISSA QUDRONI EL HAKIM. NIM: 1401045014. Pengaruh Penggunaan
Model Pembelajaran Bermain Peran Terhadap Keterampilan Berbicara Pada
Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SDN Penggilingan 05 Pagi
Jakarta Timur. Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar,
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Prof. DR.
HAMKA, Agustus 2018
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat atau tidaknya pengaruh
model pembelajaran bermain peran terhadap keterampilan berbicara siswa pada
mata pelajaran Bahasa Indonesia. Penelitian ini dilaksanakan di SDN
Penggilingan 05 Pagi Jakarta Timur kelas V pada semester genap tahun pelajaran
2017/2018.
Metode penelitian ini adalah Quasi Experimental Design. Populasi kelas
VA/VB berjumlah 68 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu
sampel jenuh. Instrument tes yang digunakan tes lisan, meliputi pengucapan
vocal, pilihan kata, kelancaran, gerak-gerik/mimik dan penalaran. Validasi
instrumen menggunakan Expert Judgement atau Uji Pakar.
Uji normalitas menggunakan uji Lilliefors diperoleh Lhitung = 0,132< Ltabel =
0,152 pada kelas eksperimen dan kelas kontrol didapat Lhitung = 0,115< Ltabel =
0,152 dengan taraf signifikansi α = 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa data
kedua kelas tersebut berdistribusi normal. Uji homogenitas menggunakan Uji
Fisher, diperoleh Fhitung = 1,09 < Ftabel = 1,78 dengan taraf signifikansi α = 0,05,
maka disimpulkan kedua kelompok data homogen. Uji hipotesis menggunakan
uji-t diperoleh bahwa thitung > ttabel = 7,23 > 1,99 dengan taraf signifikansi α = 0,05,
maka H0 ditolak dan H1 diterima.
Kesimpulan terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran bermain
peran terhadap keterampilan berbicara pada mata pelajaran Bahasa Indonesia
siswa kelas V SDN penggilingan 05 pagi Jakarta Timur.