OPAC
Perpustakaan
Integrity, Trust, Compassion
 Deskripsi Lengkap
 Kembali
No. Panggil : S022-00035
Judul : Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Bermain Peran Terhadap Keterampilan Berbicara Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SDN Penggilingan 05 Pagi Jakarta Timur
Pengarang : Alissa Qudroni El Hakim
Penerbit dan Distribusi : UHAMKA
Subjek : MODEL PEMBELAJARAN BERMAIN PERAN, KETERAMPILAN BERBICARA.
Jenis Bahan : {007/00}
Lokasi :
 
  • Ketersediaan
  • File Digital: 1
  • Ulasan Anggota
  • Sampul
  • Abstrak
Nomor Panggil No. Barkod Ketersediaan
S022-00035 S022-00035 TERSEDIA
Ulasan Anggota:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 73638
 Abstrak
ALISSA QUDRONI EL HAKIM. NIM: 1401045014. Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Bermain Peran Terhadap Keterampilan Berbicara Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SDN Penggilingan 05 Pagi Jakarta Timur. Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA, Agustus 2018 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat atau tidaknya pengaruh model pembelajaran bermain peran terhadap keterampilan berbicara siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Penggilingan 05 Pagi Jakarta Timur kelas V pada semester genap tahun pelajaran 2017/2018. Metode penelitian ini adalah Quasi Experimental Design. Populasi kelas VA/VB berjumlah 68 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu sampel jenuh. Instrument tes yang digunakan tes lisan, meliputi pengucapan vocal, pilihan kata, kelancaran, gerak-gerik/mimik dan penalaran. Validasi instrumen menggunakan Expert Judgement atau Uji Pakar. Uji normalitas menggunakan uji Lilliefors diperoleh Lhitung = 0,132< Ltabel = 0,152 pada kelas eksperimen dan kelas kontrol didapat Lhitung = 0,115< Ltabel = 0,152 dengan taraf signifikansi α = 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa data kedua kelas tersebut berdistribusi normal. Uji homogenitas menggunakan Uji Fisher, diperoleh Fhitung = 1,09 < Ftabel = 1,78 dengan taraf signifikansi α = 0,05, maka disimpulkan kedua kelompok data homogen. Uji hipotesis menggunakan uji-t diperoleh bahwa thitung > ttabel = 7,23 > 1,99 dengan taraf signifikansi α = 0,05, maka H0 ditolak dan H1 diterima. Kesimpulan terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran bermain peran terhadap keterampilan berbicara pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas V SDN penggilingan 05 pagi Jakarta Timur.
|| Pengguna : Perpustakaan || Tampilan terbaik dengan  Firefox