Abstrak
ALAM NURSAPUTRA. NIM : 1201045036. ?Perbedaan hasil belajar IPS dengan Model Change Of Pair dan Model Auditory Intellectualy Repetition siswa kelas V SDN Larangan Selatan 3?. Skripsi. Jakarta : Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka, 2016.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ?Perbedaan hasil belajar IPS dengan Model Change Of Pair dan Model Auditory Intellectualy Repetition siswa kelas V SDN Larangan Selatan 3?. Semester I tahun pelajaran 2015/2016. Metode penelitian yang digunakan adalah metode quasi eksperiment. Instrument penelitian berupa tes obyektif pilihan ganda dengan empat pilihan jawaban, sebelum diberikan kepada obyek penelitian terlebih dahulu dilakukan uji coba instrument yaitu uji validitas dan uji reliabilitas. Sampel penelitian ini meliputi 35 siswa kelas V A dan 35 siswa kelas V B. Uji validitas dengan rumus Point Biserial Correlation didapat 25 soal yang valid dan 15 soal yang tidak valid, sedangkan uji reliabilitas tes 0,325 ini dihitung dengan rumus K-R 20 (Kuder dan Richardson). Hasil pengujian normalitas menunjukkan bahwa diperoleh Ltabel pada taraf signifikansi α = 0,05 untuk n = 35 adalah 0,1498 dan diperoleh pada kelas eksperimen I Lhitung = 0,112757143 dan pada kelas eksperimen II Lhitung = 0,106057143 maka kedua kelompok berdistribusi normal. Hasil pengujian homogenitas menunjukkan bahwa diperoleh Fhitung = 1,02 dan nilai Ftabel = 1,776 dangan taraf signifikansi α = 0,05. Karena Fhitung ≤ Ftabel maka varians kedua kelompok adalah homogen. Setelah dilakukan uji persyaratan analisis data maka dilakukan uji hipotesis dengan menggunakan uji ?t maka diperoleh thitung = 4,732 sedangkan ttabel = 1,997. Karena thitung ≥ ttabel maka H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan ada perbedaan model Change Of Pair dengan Auditory Intellectualy Repetition terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V di SDN Larangan Selatan 3.