OPAC
Perpustakaan
Integrity, Trust, Compassion
 Deskripsi Lengkap
 Kembali
No. Panggil : S022-00033
Judul : Perbedaan Model Think Pair Share (TPS) Dengan Model Value Clarifications Technique (VCT) Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Kelas III SDS Kemala Bhayangkari 4 Pagi
Pengarang : Ahmad Kurniawan
Penerbit dan Distribusi : UHAMKA
Subjek : MODEL PEMBELAJARAN VALUE CLARIFICATION TEHNIQUE, MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE , HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA.
Jenis Bahan : {007/00}
Lokasi :
 
  • Ketersediaan
  • File Digital: 1
  • Ulasan Anggota
  • Sampul
  • Abstrak
Nomor Panggil No. Barkod Ketersediaan
S022-00033 S022-00033 TERSEDIA
Ulasan Anggota:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 73635
 Abstrak
AHMAD KURNIAWAN. NIM : 1301045017. Perbedaan Metode Value Clarification Technique dengan Metode Think Pair Share terhadap Hasil Belajar padaMata Pelajaran bahasa Indonesia Kelas III SDS Kemala Bhayangkari 4 Jakarta Selatan. Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Prof. DR.HAMKA, Agustus 2017. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar bahasa Indonesia siswa yang diajar dengan metode pembelajaran Value Clarification Tehnique Dan metode pembelajaran Think Pair Share. Hipotesis yang ditunjukan dalam penelitian ini adalah: ?Terdapat perbedaan hasil belajar bahasa Indonesia siswa yang diajar dengan model pembelajaran Value Clarification Tehnique Dan model pembelajaran Think Pair Share?. Metode penelitian yang digunakan adalah metode quasi eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampel jenuh. Sampel penelitian terdiri dari 30 siswa kelas A dan 30 siswa kelas B. Instrument tes dalam penelitian berupa tes pilihan ganda yang terdiri dari 30 soal pilihan ganda yang telah di uji validitas dan reliabilitasnya. Uji validitas instrumen dengan rumus Kolerasi Biserial didapat 30 soal yang valid, sedangkan uji reliabilitas dengan rumus KR-20 diperoleh rhitung = 0,876 > 0,367 = rtabel, maka intrumen reliabel. Uji persyaratan yaitu, uji normalitas meggunakan Uji Lilieofers dan uji homogen menggunakan Uji Fisher. Pada kelas eksperimen 1 (VCT) pengujian normalitas didapat Lhitung = 0,1398 < 0,1617 Ltabel dan kelas eksperimen 2 (TPS) Lhitung 0,0924 < 0,1617 Ltabel, dengan taraf signifikasi α 0,05 dan n = 30 untuk kelas eksperimen 1 dan n = 30 untuk kelas eksperimen 2 maka dapat disimpulkan data kedua kelompok berdistribusi normal. Untuk uji homogenitas diperoleh Fhitung 1,44 < 1,86 Ftabel dengan taraf signifikasi α = 0,05 dk pembilang 29 dan dk penyebut 29, maka disimpulkan varians kedua kelas sama berarti sampel berasal dari populasi yang homogen. Uji hipotesis menggunakan uji-t diperoleh thitung 2,4471 > 2,0021 ttabel dengan taraf signifikasi α = 0,05 dan derajat kebebasan (dk) 58, dari hasil penelitian maka disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar bahasa Indonesia siswa yang diajar menggunakan model VCT dan model pembelajaran TPS.
|| Pengguna : Perpustakaan || Tampilan terbaik dengan  Firefox