Abstrak
Agung Tri Prabowo. 1401045009 Pengaruh Penggunaan Problem Based Learning (PBL) terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran IPA Kelas V SDN Penggilingan 03 PAGI. Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA, 2017.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh hasil belajar IPA yang menggunakan model PBL di kelas V SDN Penggilingan 03 Pagi Jakarta Timur. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 23-28 Mei 2018 di SDN Penggilingan 03 Pagi Jakarta Timur. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan model PBL karena ada dua kelompok yaitu kelas A dan kelas B yang diliat ada pengaruh hasil belajar pada mata pelajaran IPA kelas V dan diberi perlakuan yang melibatkan 80 siswa sampel dan populasi penelitian yaitu 40 siswa. Penentuan sampel menggunakan teknik sampling. Teknik pengumpulan data setelah perlakuan dilakukan menggunakan tes setelah diberikan perlakuan (posttest).
Instrument penelitian yang digunakan berupa soal tertulis dalam bentuk pilihan ganda yang berjumlah 40 soal tentang daur air. Uji validitas instrument dengan hasil 30 soal valid dan 10 soal drop, lalu uji reliabilitas dengan rumus KR-20 diperoleh rhitung 0,77 > 0,33 rtabel. Maka instrument dinyatakan reliable. Hasil Penelitian menyimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara menggunakan model pembelajaran penggunaan Problem Based Learning terhadap hasil belajar IPA pada siswa kelas V SDN Penggilingan 03 Pagi Jakarta Timur. Hal ini buktikan dengan hasil perhitungan uji hipotesis menggunakan uji-t diperoleh thitung > ttabel atau 3,54 > 1,66. Pada taraf signifikan α = 0,05, maka derajat kebebasan (dk) = 39, maka H0 ditolak.