Abstrak
Adhella Febiandika Arinto. 1401045004. Pengaruh Alat Peraga Dakon Kreatif
Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi FPB dan KPK Ditinjau Dari
kecerdasan Majemuk Kelas IV di SDN Malaka Sari 05 Jakarta Timur. Skripsi :
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu
Pendidikan, Universitas Muhammdiyah Prof. DR. HAMKA, 2018.
Tujuan penelitian ini adalah untuk membuktikan bahwa terdapat pengaruh
yang signifikan dalam penggunaan pengaruh alat peraga Dakon Kreatif ditinjau dari
kecerdasan majemuk terhadap hasil belajar Matematika materi FPB dan KPK di
SDN Malaka Sari 05 Jakarta Timur pada tahun pelajaran 2017/2018. Metode
penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Eksperimen Design
dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian sebanyak 120 siswa. Teknik
sampel yang digunakan adalah teknik sampel random cluster sampling, sehingga
sampel yang digunakan sebanyak 60 siswa. Pengujian dilakukan dengan instrumen
soal uraian yang telah di uji validitas dan uji reabilitas. Uji Normalitas
menggunakan Uji Liliefors. Hasil eksperimen didapatkan Lhitung = 0,090 ≤ 0,161 =
Ltabel, control didapatkan Lhitung = 0,088 ≤ 0,161 = Ltabel, maka dapat disimpulkan
bahwa kedua sampel berdistribusi normal. Uji Homogenitas menggunakan Uji
Fisher, diperoleh Fhitung = 1,26 ≤ 1,86 = Ftabel, dapat disimpulkan sampel kedua data
tersebut berasal dari populasi yang homogen. Pengujian hipotesis menggunakan
Uji-t, didapatkan thitung = 5, 156 > 2,002 = ttabel, dengan taraf signifikansi α= 0,05.
Maka hipotesis alternatif (H1) diterima, dan H0 ditolak. Penelitian ini
menyimpulkan terdapat pengaruh yang baik dari penggunaan alat peraga Dakon
kreatif terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Malaka Sari 05 Jakarta
Timur.