OPAC
Perpustakaan
Integrity, Trust, Compassion
 Deskripsi Lengkap
 Kembali
No. Panggil : S022-00030
Judul : Pengaruh Alat Peraga Dakon Kreatif Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi FPB Dan KPK Ditinjau Dari Kecerdasan Majemuk Kelas Iv Di SDN Malaka Sari 05 Jakarta Timur
Pengarang : Adhella Febiandika Arinto
Penerbit dan Distribusi : UHAMKA
Subjek : ALAT PERAGA DAKON KREATIF, HASIL BELAJAR MATEMATIKA.
Jenis Bahan : {007/00}
Lokasi :
 
  • Ketersediaan
  • File Digital: 1
  • Ulasan Anggota
  • Sampul
  • Abstrak
Nomor Panggil No. Barkod Ketersediaan
S022-00030 S022-00030 TERSEDIA
Ulasan Anggota:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 73632
 Abstrak
Adhella Febiandika Arinto. 1401045004. Pengaruh Alat Peraga Dakon Kreatif Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi FPB dan KPK Ditinjau Dari kecerdasan Majemuk Kelas IV di SDN Malaka Sari 05 Jakarta Timur. Skripsi : Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammdiyah Prof. DR. HAMKA, 2018. Tujuan penelitian ini adalah untuk membuktikan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dalam penggunaan pengaruh alat peraga Dakon Kreatif ditinjau dari kecerdasan majemuk terhadap hasil belajar Matematika materi FPB dan KPK di SDN Malaka Sari 05 Jakarta Timur pada tahun pelajaran 2017/2018. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Eksperimen Design dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian sebanyak 120 siswa. Teknik sampel yang digunakan adalah teknik sampel random cluster sampling, sehingga sampel yang digunakan sebanyak 60 siswa. Pengujian dilakukan dengan instrumen soal uraian yang telah di uji validitas dan uji reabilitas. Uji Normalitas menggunakan Uji Liliefors. Hasil eksperimen didapatkan Lhitung = 0,090 ≤ 0,161 = Ltabel, control didapatkan Lhitung = 0,088 ≤ 0,161 = Ltabel, maka dapat disimpulkan bahwa kedua sampel berdistribusi normal. Uji Homogenitas menggunakan Uji Fisher, diperoleh Fhitung = 1,26 ≤ 1,86 = Ftabel, dapat disimpulkan sampel kedua data tersebut berasal dari populasi yang homogen. Pengujian hipotesis menggunakan Uji-t, didapatkan thitung = 5, 156 > 2,002 = ttabel, dengan taraf signifikansi α= 0,05. Maka hipotesis alternatif (H1) diterima, dan H0 ditolak. Penelitian ini menyimpulkan terdapat pengaruh yang baik dari penggunaan alat peraga Dakon kreatif terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Malaka Sari 05 Jakarta Timur.
|| Pengguna : Perpustakaan || Tampilan terbaik dengan  Firefox