OPAC
Perpustakaan
Integrity, Trust, Compassion
 Deskripsi Lengkap
 Kembali
No. Panggil : S023-00028
Judul : Pengaruh Keterbukaan Diri Terhadap Komunikasi Interpersonal Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 58 Jakarta
Pengarang : Gianisha Nastiti Rahayu Jen
Penerbit dan Distribusi : 2017
Subjek : KOMUNIKASI INTERPERSONAL
Jenis Bahan : {007/00}
Lokasi : Perpustakaan
 
  • Ketersediaan
  • File Digital: 1
  • Ulasan Anggota
  • Sampul
  • Abstrak
Nomor Panggil No. Barkod Ketersediaan
S023-00028 S023-00028 TERSEDIA
Ulasan Anggota:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 73629
 Abstrak
Gianisha Nastiti Rahayu Jen, Pengaruh Keterbukaan Diri terhadap Komunikasi Interpersonal pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 58 Jakarta. Skripsi. Jakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA, 2017. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena yang terjadi di SMA Negeri 58 Jakarta, yaitu adanya siswa yang memiliki keterbukaan diri yang baik namun tidak berpengaruh pada komunikasi interpersonal. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh keterbukaan diri terhadap komunikasi interpersonal pada siswa kelas XI SMA Negeri 58 Jakarta. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 58 Jakarta pada kelas XI tahun ajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif asosiatif dengan pendekatan korelasi. Populasi penelitian ini berjumlah 288 siswa kelas XI MIPA dan IIS dan sampel dalam penelitian ini berjumlah 72 siswa kelas XI. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik Simple Random Sampling. Uji prasyarat analisis data yang digunakan, yaitu uji normalitas data mengunakan uji Liliefors dengan pada taraf signifikan ɑ = 0,05 adalah 0,1044. Hasil perhitungan diperoleh untuk keterbukaan diri sebesar 0,030822 dan untuk komunikasi interpersonal 0,073002, maka data berdistribusi normal karena < . Kemudian dilakukan uji Liner diperoleh hasil sebesar - 104, 49 dan sebesar 1,76, maka dapat disimpulkan bahwa data tersebut linier antara keterbukaan diri terhadap komunikasi interpersonal karena < . Hasil penelitian menunjukan bahwa keterbukaan diri terhadap komunikasi interpersonal siswa kelas XI di SMA Negeri 58 Jakarta dengan hasil Uji-t diperoleh sebesar 2,92 dan sebesar 1,62 pada taraf signifikan ɑ = 0,05. Jika > maka ditolak, dengan demikian diterima. Maka dapat disimpulkan jika siswa memiliki keterbukaan diri baik kepada dirinya maupun bagi orang lain, maka komunikasi interpersonalnya baik. Sebaliknya jika siswa tidak memiliki keterbukaan diri baik kepada dirinya maupun bagi orang lain, maka komunikasi interpersonalnya juga tidak baik. Kata Kunci : keterbukaan diri, komunikasi intepersonal
|| Pengguna : Perpustakaan || Tampilan terbaik dengan  Firefox