OPAC
Perpustakaan
Integrity, Trust, Compassion
 Deskripsi Lengkap
 Kembali
No. Panggil : S023-00020
Judul : Hubungan Konsep Diri Dengan Motivasi Belajar Siswi Wisma Plus Khadijah Islamic School
Pengarang : Dwi Jayanti
Penerbit dan Distribusi : 2017
Subjek : MOTIVASI BELAJAR
Jenis Bahan : {007/00}
Lokasi : Perpustakaan
 
  • Ketersediaan
  • File Digital: 1
  • Ulasan Anggota
  • Sampul
  • Abstrak
Nomor Panggil No. Barkod Ketersediaan
S023-00020 S023-00020 TERSEDIA
Ulasan Anggota:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 73621
 Abstrak
Dwi Jayanti. Hubungan Konsep Diri dengan Motivasi Belajar Siswi SMA Plus Khadijah Islamic School. Skripsi. Jakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA, 2017. Latar Belakang penelitian bahwa siswi memiliki konsep diri yang bervariasi ada yang positif dan ada yang negatif, sehingga berdampak pada tingkat motivasi belajar yang tinggi dan ada yang rendah. Apabila konsep diri yang diterapkan positif maka tingkat motivasi belajarnya semakin tinggi dan apabila konsep diri yang diterapkan negatif maka motivasi belajarnya rendah. Namun pada kenyataannya siswi menunjukan konsep diri yang positif akan tetapi motivasi belajarnya rendah yaitu ditunjukan dengan sikap mereka yang mengantuk di dalam kelas, bermain sendiri tanpa memperhatikan pelajaran sama sekali, purapura sakit agar tidak mengikuti pelajaran, dan menyepelekan pelajaran. Sehingga diduga memiliki hubungan antara konsep diri dengan motivasi belajar siswi. Penelitian bertujuan untuk mengetahui hubungan konsep diri dengan motivasi belajar siswi di SMA plus khadijah islamic school. Penelitian dilaksanakan di SMA khadijah islamic school. Populasi berjumlah 79 orang siswi. Teknik sampling yang digunakan adalah Sampel jenuh artinya semua populasi dijadikan sampel. Metode penelitian yang digunakan yaitu pendekatan korelasional deskriptif kuantitatif. Setelah data berdistribusi normal dan linearitas berdasarkan uji normalitas liliefors dan uji linearitas atau F empirik. Berdasarakan hasil perhitungan uji normalitas lilefors didapat Lhitung < Ltabel (0,409 < 0,996), dan hasil perhitungan uji uji linearitas atau F empirik didapat Fhitung < Ftabel(- 2,85<0,67). Pengujian hipotesis penelitian dilakukan dengan menghitung korelasi product moment dan didapat Rhitung > Rtabel (2,944 > 0,361), oleh karena itu, dari hasil penelitian disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara konsep diri dengan motivasi belajar siswi SMA Plus Khadijah Islamic School, yang berarti semakin positif konsep diri yang diterapkan maka semakin tinggi motivasi belajar yang dimiliki siswa dan sebaliknya jika konsep diri siswi negatif maka semakin rendah tingkat motivasi belajar siswi. Kata Kunci: Konsep Diri, Motivasi Belajar.
|| Pengguna : Perpustakaan || Tampilan terbaik dengan  Firefox