OPAC
Perpustakaan
Integrity, Trust, Compassion
 Deskripsi Lengkap
 Kembali
No. Panggil : S023-00001
Judul : Hubungan Antara Pola Asuh Orangtua Dengan Berpikir Kritis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 49 Jakarta Timur
Pengarang : Adinda Marsya Putri Ternamarwan
Penerbit dan Distribusi : 2017
Subjek : POLA ASUH ORANGTUA
Jenis Bahan : {007/00}
Lokasi : Perpustakaan
 
  • Ketersediaan
  • File Digital: 1
  • Ulasan Anggota
  • Sampul
  • Abstrak
Nomor Panggil No. Barkod Ketersediaan
S023-00001 S023-00001 TERSEDIA
Ulasan Anggota:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 73601
 Abstrak
ADINDA MARSYA PUTRI TERNAMARWAN. 1301015001. Hubungan Pola Asuh Orangtua dengan Berpikir Kritis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 49 Jakarta. Skripsi : Program Studi Bimbingan Konseling. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, 2017. Orang tua sangat berperan dalam pembentukan karakter anak karena pada zaman ini disebut sebagai zaman kompetisi atau persaingan. Teman akrab ada kalanya bisa menjadi pesaing beratnya karena masing-masing saling berkompetisi. Permasalahan yang muncul yaitu pola pengasuhan yang cocok diberikan kepada anak yaitu pola asuh yang tidak membatasi anaknya untuk berpendapat sehingga anak dapat belajar berpikir kritis dan bertanggungjawab terhadap pengambilan keputusan. Tetapi dalam kenyataannya Pola Asuh yang terbaik bagi anak tersebut telah diterapkan oleh kedua orangtua kepada anaknya namun tidak semua anak dapat berpikir kritis seperti yang diharapkan oleh orangtua Penelitian bertujuan untuk memperoleh hasil dan mengetahui ada tidaknya hubungan pola asuh orangtua dengan berpikir kritis siswa kelas VIII SMP Negeri 49 Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif korelasi. Pengambilan sampel dilakukan secara acak dengan teknik Simple Random Sampling dengan populasi penelitian berjumlah 223 dan sampel penelitian sebanyak 48 siswa yang terdiri dari siswa kelas VIII. Uji persyaratan analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu uji normalitas dengan menggunakan uji Liliefors, sedangkan untuk uji linieritas menggunakan uji regresi. Dari hasil pengujian normalitas untuk data variabel X diperoleh Lhitung = 0,0993 < 0,127 = Ltabeldan data variabel Y diperoleh Lhitung= 0,0558 < 0,127 = Ltabelmaka dapat disimpulkan kedua data tersebut berdistribusi normal. Berdasarkan hasil perhitungan regresi linier diperoleh ̂ = -1,09 + 0,9x. Dari hasil uji kelinieran regresi menghasilkan Fhitung = 2,76 < 4,2175 = Ftabel sehingga dapat disimpulkan model regresi tersebut linier, artinya terdapat hubungan yang linier antara kedua variabel sedangkan untuk uji keberartian regresi didapat Fhitung = 22,17 > 4,0575 = Ftabel dapat disimpulkan model regresi signifikan. Pengujian hipotesis dilakukan dengan analisis korelasi Product Moment dari hasil perhitungan koefisien korelasi di peroleh Rhitung = 0,57, koefisien determinasi di peroleh 0,3249 artinya pola asuh orangtua memberikan kontribusi sebesar 32,49% terhadap berpikir kritis siswa, sedangkan sisamya 67,51% dipengaruhi oleh faktor lain. Maka rhitung = 0,57 > 0,28 = rtabeldari hasil ini dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara pola asuh orangtua dengan berpikir kritis siswa. Manfaat hasil penelitian ini yaitu, memberikan informasi penting kepada orangtua bahwa pola asuh orangtua yang baik akan mempengaruhi berpikir kritis siswa tersebut.
|| Pengguna : Perpustakaan || Tampilan terbaik dengan  Firefox