OPAC
Perpustakaan
Integrity, Trust, Compassion
 Deskripsi Lengkap
 Kembali
No. Panggil : S022-00029
Judul : Pengaruh Penggunaan Model Cooperative Script Berbantu Media Pop Up Book Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) Pada Siswa Kelas IV SDN Pondok Kacang Timur 02
Pengarang : Ayda Fitriani
Penerbit dan Distribusi : UHAMKA
Subjek : MODEL COOPERATIVE SCRIPT BERBANTUAN MEDIA POP UP BOOK
Jenis Bahan : {007/00}
Lokasi :
 
  • Ketersediaan
  • File Digital: 0
  • Ulasan Anggota
  • Sampul
  • Abstrak
Nomor Panggil No. Barkod Ketersediaan
S022-00029 S022-00029 TERSEDIA
Ulasan Anggota:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 73598
 Abstrak
Ayda Fitriani. Pengaruh Penggunaan Model Cooperative Script Berbantuan Media Pop Up Book Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) pada Siswa Kelas IV SDN Pondok Kacang Timur 02. Skripsi. Jakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA, 2018. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh penggunaan model Cooperative Script Berbantuan Media Pop Up Book terhadap hasil belajar PPKn. Model Cooperative Script adalah rangkaian aktivitas guru dan siswa dalam pembelajaran dengan membentuk kelompok berpasangan. Kelebihan model ini yaitu membuat siswa menjadi lebih aktif, kreatif, serta kritis. Kelemahan model ini yaitu memerlukan waktu yang lama. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Pondok Kacang Timur 02 Tangerang Selatan pada semester 2 tahun ajaran 2017- 2018. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Eksperiment. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN Pondok Kacang Timur 02 yang berjumlah 125 siswa. Pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling dengan sampel penelitian sebanyak 80 siswa, yang terdiri dari 40 siswa kelas IV A sebagai kelas kontrol dan 40 siswa kelas IV B sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan tes objektif pilihan ganda sebanyak 30 soal yang telah diuji validitas dan reabilitas. Sebelum pengujian hipotesis, dilakukan uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas menggunakan chi kuadrat dan uji homogenitas menggunakan uji Fisher. Hasilnya kedua kelas dinyatakan berdistribusi normal dan homogen, kemudian dilanjutkan dengan pengujian hipotesis menggunakan uji-t. Dan diperoleh thitung dengan taraf signifikansi 5% dan dk 78 sebesar 4,64 dan ttabel sebesar 1,995. Karena thitung > ttabel (4,64 > 1,995), sehingga Ho ditolak dan H1 diterima. Berdasarkan rata-rata hasil belajar PPKn siswa kelas IV, diketahui siswa yang mengikuti model pembelajaran Cooperative Script lebih baik dibandingkan siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional (𝑥 ̅̅1̅ =83,475 > 𝑥̅̅2̅=70,15). Dengan demikian model pembelajaran Cooperative Script Berbantuan Media Pop Up Book berpengaruh terhadap hasil belajar PPKn siswa kelas IV SDN Pondok Kacang Timur 02.
|| Pengguna : Perpustakaan || Tampilan terbaik dengan  Firefox