Abstrak
Ayda Fitriani. Pengaruh Penggunaan Model Cooperative Script Berbantuan
Media Pop Up Book Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Pancasila dan
Kewarganegaraan (PPKn) pada Siswa Kelas IV SDN Pondok Kacang Timur 02.
Skripsi. Jakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas
Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA, 2018.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh
penggunaan model Cooperative Script Berbantuan Media Pop Up Book terhadap
hasil belajar PPKn. Model Cooperative Script adalah rangkaian aktivitas guru dan
siswa dalam pembelajaran dengan membentuk kelompok berpasangan. Kelebihan
model ini yaitu membuat siswa menjadi lebih aktif, kreatif, serta kritis. Kelemahan
model ini yaitu memerlukan waktu yang lama. Penelitian ini dilaksanakan di SDN
Pondok Kacang Timur 02 Tangerang Selatan pada semester 2 tahun ajaran 2017-
2018. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi
Eksperiment. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN Pondok
Kacang Timur 02 yang berjumlah 125 siswa. Pengambilan sampel yang digunakan
adalah simple random sampling dengan sampel penelitian sebanyak 80 siswa, yang
terdiri dari 40 siswa kelas IV A sebagai kelas kontrol dan 40 siswa kelas IV B
sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan tes objektif
pilihan ganda sebanyak 30 soal yang telah diuji validitas dan reabilitas. Sebelum
pengujian hipotesis, dilakukan uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas
menggunakan chi kuadrat dan uji homogenitas menggunakan uji Fisher. Hasilnya
kedua kelas dinyatakan berdistribusi normal dan homogen, kemudian dilanjutkan
dengan pengujian hipotesis menggunakan uji-t. Dan diperoleh thitung dengan taraf
signifikansi 5% dan dk 78 sebesar 4,64 dan ttabel sebesar 1,995. Karena thitung > ttabel
(4,64 > 1,995), sehingga Ho ditolak dan H1 diterima. Berdasarkan rata-rata hasil
belajar PPKn siswa kelas IV, diketahui siswa yang mengikuti model pembelajaran
Cooperative Script lebih baik dibandingkan siswa yang mengikuti model
pembelajaran konvensional (̅𝑥̅1̅ =83,475 > 𝑥̅̅2̅=70,15). Dengan demikian model
pembelajaran Cooperative Script Berbantuan Media Pop Up Book berpengaruh
terhadap hasil belajar PPKn siswa kelas IV SDN Pondok Kacang Timur 02.
Kata kunci: Cooperative Script, Pop Up Book, hasil belajar, PPKn