OPAC
Perpustakaan
Integrity, Trust, Compassion
 Deskripsi Lengkap
 Kembali
No. Panggil : S022-00024
Judul : Pengaruh Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V SDN Kedaung Kalian GKE 12 Pagi Jakarta Barat
Pengarang : Ardera Seftyanisa
Penerbit dan Distribusi : UHAMKA
Subjek : MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN TERBIMBING
Jenis Bahan : {007/00}
Lokasi :
 
  • Ketersediaan
  • File Digital: 1
  • Ulasan Anggota
  • Sampul
  • Abstrak
Nomor Panggil No. Barkod Ketersediaan
S022-00024 S022-00024 TERSEDIA
Ulasan Anggota:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 73589
 Abstrak
Ardera Seftyanisa. NIM: 1401045344. ?Pengaruh Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V SDN Kedaung Kaliangke 12 Pagi Jakarta Barat?. Jakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. 2018. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh model pembelajaran penemuan terbimbing terhadap hasil belajar IPA materi daur air kelas V di SDN Kedaung Kaliangke 12 Pagi Jakarta. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Kedaung Kaliangke 12 Pagi Jakarta Barat pada semester II 2017/1018. Metode Penelitian yang digunakan adalah Pre-Experimental Design. Populasi penelitian ini berjumlah 50 siswa. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive samping. Sampel penelitian ini terdiri dari 26 siswa pada kelas eksperimen dengan model pembelajaran penemuan terbimbing. Teknik pengumpulan data menggunakan tes objektif. Instrumen penelitian ini menggunakan tes yang berbentuk soal pilihan ganda dengan empat pilihan jawaban. Uji validitas insrumen menggunakan Korelasi Point Biserial dan berdasarkan hasil uji validitas diperoleh 32 soal valid dan 8 soal drop. Uji Reliabilitas menggunakan KR-20 dan berdasarkan hasil uji reliabilitas diperoleh rhitung = 0,92 > rtabel = 0,42. Teknkik analisis data yang digunakan yaitu, uji normalitas menggunakan uji Liliefors Galat Taksiran, uji normalitas menghasilkan Lo = 0,1075 < Lt = 0,171 dengan taraf signifikan α = 0,05 yang berarti data berdistribusi normal dan dilanjutkan dengan uji homogenitas dengan menggunakan uji Barttlet diperoleh hasil X2 = 8,763 < Xt2 = 16,919 dengan taraf signifikan α = 0,05 yang berarti data berasal dari populasi yang homogen dan uji hipotesis yang digunakan adalah uji-t dan diperoleh thitung = 2,820 dengan ttabel = 1,706 dengan taraf signifikan 0,05 dan derajat bebas (db) = 26. Karena thitung > ttabel (2,820 > 1,706) maka Ho ditolak dan H1 diterima. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran penemuan terbimbing terhada
|| Pengguna : Perpustakaan || Tampilan terbaik dengan  Firefox