OPAC
Perpustakaan
Integrity, Trust, Compassion
 Deskripsi Lengkap
 Kembali
No. Panggil : S022-00023
Judul : Pengaruh Metode Pembelajaran SQ5R Terhadap Keterampilan Membaca Siswa Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas V SDN Lubang Buaya 06 Pagi Jakarta Timur
Pengarang : Annisa Rahmawaty
Penerbit dan Distribusi : UHAMKA
Subjek : METODE PEMBELAJARAN SQ5R
Jenis Bahan : {007/00}
Lokasi :
 
  • Ketersediaan
  • File Digital: 1
  • Ulasan Anggota
  • Sampul
  • Abstrak
Nomor Panggil No. Barkod Ketersediaan
S022-00023 S022-00023 TERSEDIA
Ulasan Anggota:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 73588
 Abstrak
Annisa Rahmwaty, 1401045395. ? Pengaruh Metode Pembelajaran SQ5R (Survey, Question, Read, Recite, Record, Reflect, Review) Terhadap Keterampilan Membaca Siswa Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di SDN Lubang Buaya 06 Pagi Jakarta Timur?. Skripsi, Jakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka. 2018. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat atau tidaknya pengaruh Metode Pembelejaran SQ5R (Survey, Question, Read, Recite, Record, Reflect, Review) terhadap keterampilan membaca pada pembelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas V SDN Lubang Buaya 06 Pagi Jakarta Timur.Metode pembelajaran ini menggunakan True Eksperimen Design dengan jenis desain Posttest-Only Control Design dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini terdiri dari 63 siswa dari kelas V. Sampel penelitian menggunakan seluruh siswa dijadikan sampel dalam penelitian (sampel jenuh), yang terdiri dari 32 siswa kelas V B sebagai kelas eksperimen dan 31 siswa kelas V A sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen penelitian berupa tes pilihan ganda dengan pilihan jawaban (a, b, c, d) sebanyak 32 soal yang telah diuji validitas dan reliabilitas. Dari hasil penelitian uji normalitas menggunakan uji liliefors. Pada kelompok yang diberikan perlakuan (kelas eksprimen), pengujian normalitas didapatkan Lhitung < Ltabel yakni, 0,1321 < 0,157 dengan taraf signifikansi α= 0,05 dengan n = 32. Sedangkan kelompok yang tidak diberikan perlakuan (kelas kontrol), pengujian normalitas didapatkan Lhitung < Ltabel yakni, 0,1180 < 0,1591 dengan taraf siginifikansi α= 0,05 dengan n = 31. Sehingga dapat disimpulkan bahwa sampel pada kelas ekperimen dan kelas kontrol berasal dari populasi yang berdistribusi normal.Uji homogenitas yang dilakukan adalah uji F (Fisher). Pada uji F (Fisher) diperoleh Fhitung < Ftabel, yaitu 1,479 < 1,84 pada taraf signifikansi α= 0,05 dengan derajat kebebasan pembilang (dk) = 30 dan derajat kebebasan penyebut (dk) = 31, karena Fhitung < Ftabel, yaitu 1,479 < 1,84 maka Ho diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa, sampel kedua kelas eksperimen dan kelas kontrol mempunyai varians yang sama atau homogen. Uji hipotesis yang digunakan adalah, uji-t. Setelah dianalisis dapat disimpulkan thitung = 5,42 > ttabel = 1,99 pada taraf signifikansi α= 0,05 dan derajat kebebasan (dk) = 61. Dengan demikian Ho ditolak, hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa terdapat pengaruh penggunaan metode pembelajaran SQ5R (Survey, Question, Read, Recite, Record, Reflect, Review) terhadap keterampilan membaca siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas V SDN Lubang Buaya 06 Pagi Jakarta Timur.
|| Pengguna : Perpustakaan || Tampilan terbaik dengan  Firefox