Abstrak
Jenni Lietarida, Pengaruh Pelayanan Jasa Pick Up Service Dan Jumlah
Nasabah Terhadap Penghimpunan Dana Pihak Ketiga (DPK) Di Bank BTN
Syariah KCS Jakarta Harmoni. Skripsi, Program Studi Perbankan Syariah.
Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Prof.DR.HAMKA.
Penulis melakukan penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh
pelayanan jasa Pick Up Service dan jumlah nasabah terhadap penghimpunan dana
pihak ketiga (DPK). Pelayanan jasa Pick Up Service yang diberikan kepada
nasabah sangat menentukan tingkat penghimpunan dananya khususnya Dana
Pihak Ketiganya karena semua itu dilakukan demi meningkatkan kepuasan
nasabah dengan demikian apabila nasabah merasa puas otomatis akan
berpengaruh ke tingkat jumlah nasabahnya jadi ketita Jumlah nasabah meningkat
maka akan berpengaruh pula terhadap penghimpunannya. Tetapi terkadang teori
tidak sesuai dengan kenyataan maksudnya ketika dalam melakukan pick up
service pernah terjadi keterlambatan dalam mem pick up sehingga dapat
mengecewakan nasabah yang mana apabila nasabah merasa kecewa akan
berdampak terhadap tingkat kepercayaan terhadap bank tersebut.
Lokasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah Bank BTN Syariah
KCS Jakarta Harmoni periode tahun 2010 ? 2015 semster 1 dalam bentuk
bulanan. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi
berganda. Selain itu dalam penelitian ini dilakukan juga uji asumsi klasik yang
meliputi uji normalitas, uji autokorelasi, uji heterokedastisitas, uji
multikolinieritas serta menggunakan uji hipotesis yang meliputi koefisien
determinasi, uji F dan uji T.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelayanan jasa Pick Up service
berpengaruh signifikan terhadap penghimpunan Dana Pihak Ketiga (DPK).
Sedangkan Jumlah Nasabah berpengaruh signifikan terhadap penghimpunan Dana
Pihak Ketiga (DPK).