Abstrak
Ana Hanifah, Pengaruh Brand Syariah dan Kualitas Pelayanan Terhadap
Loyalitas Naasabah di Bank Syariah Mandiri KC Serang. Program Studi Perbankan
syariah. Fakultas agama Islam Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA.
Brand merupakan suatu label atau logo yang digunakan perusahaan
untuk mengidentifikasi suatu barang sehingga masyarakat dapat membedakan produk
yang satu dengan yang lainnya. Dalam brand syariah pada suatu bank diharapkan bank
tersebut dapat mencerminkan nilai dari brand syariah itu sendiri. Pelayanan adalah
setiap tindakan atau kegiatan yang dapat ditawarkan oleh satu pihak kepada pihak lain,
yang pada dasarnya tidak berwujud dan tidak mengakibatkan kepemilikan apapun.
Sedangkan definisi kualitas pelayanan dapat diartikan sebagai upaya pemenuhan
kebutuhan dan keinginan konsumen serta ketepatan penyampaiannya dalam
mengimbangi harapan konsumen.
Untuk menganalisis peran brand syariah dan kualitas pelayanan terhadap
perkembangan bank syariah mandiri serta pengaruhnya terhadap loyalitas nasabah di
bank Mandiri Syariah KC Serang, penulis menggunakan metode analisis regresi linier
berganda digunakan sebagai alat untuk mengukur seberapa besar pengaruh brand
syariah dan kualitas pelayanan terhadap loyalitas nasbah. Teknik yang digunakan untuk
mengumpulkan data dan informasi menggunakan kuesioner atau angket dan observasi.
Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulakan bahwa Peran Brand syariah
terhadap perkembangan bank syariah mandiri merupakan suatu identitas bank yang
oprasionalnya sesuai dengan prinsip syariah. Sedangkan kualitas pelayanan berperan
sebagai pembentuk kepercayaan nasabah yang menghasilkan kepuasan dan
menumbhkan rasa loyalitas kepada bank Syariah Mandiri. Hasil penelitian secara
parsial menunnjukan bahwa semua variabel independen membuktikan bahwa Ha
diterima dan H0 ditolak. Artinya, menandakan bahwa terdapat pengaruh brand syariah
dan kualitas pelayanan terhadap loyalitas nasabah.