OPAC
Perpustakaan
Integrity, Trust, Compassion
 Deskripsi Lengkap
 Kembali
No. Panggil : S07-16063
Judul : Strategi Pemasaran Produk Bank Syariah Dalam Memperluas Pangsa Pasar Terhadap Nasabah Pada PT. Bank Muamalat Indonesia, Tbk Cabang Matraman
Pengarang : Febriana Murti
Penerbit dan Distribusi : FAI
Subjek : Perbankan Syariah
Jenis Bahan : {007/00}
Lokasi :
 
  • Ketersediaan
  • File Digital: 1
  • Ulasan Anggota
  • Sampul
  • Abstrak
Nomor Panggil No. Barkod Ketersediaan
S07-16063 S07-16063 TERSEDIA
Ulasan Anggota:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 70435
 Abstrak
Febriana Murti, Strategi Pemasaran Produk Bank Syariah Dalam Memperluas Pangsa Pasar Terhadap Nasabah Pada PT. Bank Muamalat Indonesia, Tbk Cabang Matraman. Skripsi, Program Studi Perbankan Syariah. Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. Pemasaran pada produk bank syariah di Indonesia masih belum melakukan promosi dengan optimal untuk meraih pasar dan pangsa pasar atau market share perbankan syariah masih berada di bawah 5 persen dari total aset bank. Secara nasional masih berada di level 4,85 persen pada 2014 , sehingga menjadi hambatan dalam memperluas pangsa pasar terhadap nasabah. Atas dasar inilah yang mendorong penulis meneliti lebih dalam mengenai pemasaran produk bank syariah dalam memperluas pangsa pasar terhadap nasabah. Dalam penelitian ini data yang dihasilkan berupa data kualitatif. Pengumpulan data yang dilakukan berupa data primer dan data sekunder. Data primer yang digunakan adalah wawancara, sedangkan data sekunder yang digunakan adalah penelitian kepustakaan dan teknik dokumentasi. Analisis penelitian yang digunakan adalah analisis SWOT. Hasil penelitian yang dihasilkan mengenai lingkungan perusahaan pada strategi pemasaran terdapat kondisi lingkungan internal dan lingkungan eksternal. Lingkungan internal terdiri dari segmentasi demografik karena Bank Muamalat memiliki sistem bagi hasil dengan konsep Musyarakah dan Mudharabah dengan target seluruh segmentasi masyarakat. Lingkungan internal mencakup pada harga (Price). tempat (Place), produk (Product), promosi (Promotion). Lingkungan eksternal terdapat lingkungan jauh dan lingkungan industri. Lingkungan jauh mencakup faktor politik, faktor ekonomi, faktor sosial, dan faktor teknologi. Berdasarkan analisis SWOT, didapat beberapa strategi yakni, Strategi SO adalah meningkatkan kualitas produk (fitur, teknologi) dengan tetap mempertahankan sistem bagi hasil yang kompetitif agar nasabah pada spiritual market tetap loyal. Strategi WO adalah meningkatkan fitur e-banking agar dapat memenuhi luasnya pasar bank syariah secara nasional dan menambah kantor Cabang Pembantu maupun Kantor kas. Strategi ST adalah menambahkan fitur produk dengan memanfaatkan tekonologi secara optimal, serta mempertahankan SDI yang berkualitas, serta mempertahankan pemegang saham BMI yang merupakan pemilik modal yang kuat, serta mempertahankan citra perusahaan yang baik dengan image yang merupakan pelopor bank syariah pertama di Indonesia, sehingga dapat bersaing terhadap lingkungan luar. Strategi WT adalah meningkatkan promosi yang sudah ada serta, menambah kerjasama dengan chanelling untuk produk yang beragam agar produk lebih dapat bersaing oleh produk kompetitor.
|| Pengguna : Perpustakaan || Tampilan terbaik dengan  Firefox