OPAC
Perpustakaan
Integrity, Trust, Compassion
 Deskripsi Lengkap
 Kembali
No. Panggil : S07-16113
Judul : Metode Demonstrasi Dalam Pembelajaran Fikih Ibadah Pada Pendidikan Agama Islam Bagi Anak Tunagrahita Di Skh Yenaiz Tangerang
Pengarang : Siti Mawaddah
Penerbit dan Distribusi : FAI
Subjek : Perbankan Syariah
Jenis Bahan : {007/00}
Lokasi :
 
  • Ketersediaan
  • File Digital: 1
  • Ulasan Anggota
  • Sampul
  • Abstrak
Nomor Panggil No. Barkod Ketersediaan
S07-16113 S07-16113 TERSEDIA
Ulasan Anggota:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 70220
 Abstrak
Latar belakang penelitian ini adalah bahwa pendidikan agama bagi seorang anak sangatlah penting, terlebih lagi bagi anak tunagrahita. Dimana sebagian orang sering menganggap bahwa anak tunagrahita sebagai orang yang gila. Sehingga banyak pendidik yang sering salah mengartikan dan keliru dalam proses pembelajaran bagi anak tunagrahita. Dalam kenyataannya mendidik anak tunagrahita tidak dapat disamakan dengan mendidik anak normal pada umumnya. Adanya kekurangan dibidang kognisi yang berada dibawah anak normal maka dibutuhkan metode pembelajaran yang lebih banyak mengasah dibidang motorik (aspek perbuatan) anak. Di SKh Yenaiz Tangerang pendidikan agama Islam yang mengutamakan segi motorik anak menggunakan metode demonstrasi. Yang menjadi bagaimana pelaksanaan metode demonstrasi yang digunakan dalam pembelajaran agama Islam bagi siswa tunagrahita ringan di SKh Yenaiz Tangerang. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan menganalisis tentang pelaksanaan metode demonstrasi yang digunakan dalam pembelajaran agama Islam bagi siswa tuna grahita ringan di SKh Yenaiz Tangerang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil lara SKh Yenaiz Tangerang. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan (observasi), wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan metode diskriptif analitik. Yaitu data yang diperoleh dipaparkan sebagaimana adanya dan kemudian memberikan makna terhadap data yang telah dikumpulkan. Hasil penelitian menunjukkan : (1) Pelaksanaan metode demonstrasi yang dilaksanakan di SKh Yenaiz Tangerang yaitu dalam penyampaian materi wudhu dan shalat.(2) Metode demonstrasi yang dilaksanakan di SKh Yenaiz Tangerang didemonstrasikan oleh salah satu siswa yang sudah dianggap dapat menguasai materi.(3) Materi yang menggunakan metode demonstrasi tidak harus disampaikan atau didemonstrasikan oleh guru itu sendiri, melainkan juga dapat disampaikan oleh siswa, maupun orang lain yang dianggap mampu. (4) Penyampaian materi wudhu dianggap penting karena selain untuk beribadah juga untuk melatih siswa tuna grahita untuk membiasakan menjaga kebersihan diri.
|| Pengguna : Perpustakaan || Tampilan terbaik dengan  Firefox