OPAC
Perpustakaan
Integrity, Trust, Compassion
 Deskripsi Lengkap
 Kembali
No. Panggil : S06-16011
Judul : Audit Komunikasi Kampanye Stop Konsumsi Sirip Hiu Pada Komunitas Save Sharks Indonesia
Pengarang : Fandi Permana Ginting
Penerbit dan Distribusi : FISIP
Subjek : sosial-komunikasi
Jenis Bahan : {007/00}
Lokasi :
 
  • Ketersediaan
  • File Digital: 1
  • Ulasan Anggota
  • Sampul
  • Abstrak
Nomor Panggil No. Barkod Ketersediaan
S06-16011 S06-16011 TERSEDIA
Ulasan Anggota:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 70166
 Abstrak
Masalah lingkungan hidup kini menjadi isu hangat. Untuk mengatasi permasalahan lingkungan hidup beberapa komunitas atau organisasi NGO (Non Government Organization) mengangkat isu lingkungan untuk mengkampanyekan isu penyelamatan lingkungan hidup. Salah satunya Komunitas Save Sharks Indonesia yang mengkampanyekan isu penghentian perburuan hiu di Indonesia. Dalam penelitian ini, peneliti menjelaskan bentuk kampanye yang digunakan Komunitas Save Sharks Indonesia dan proses audit komunikasi dari kampanye stop konsumsi sirip hiu. mengevaluasi setiap program kampanyenya. Peneliti menggunakan teori informasi organisasi, teori kampanye Ostergaard, dan audit komunikasi untuk mengevaluasi kampanye ini. Metodologi penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivisme, pendekatan kuantitatif, jenis penelitian evaluatif, dan metode studi kasus. Data dikumpulkan dengan wawancara mendalam dengan informan kunci dan pendukung. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan triangulasi narasumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa langkah audit dilakukan oleh juru kampanye untuk mengemas pesan kampanye, mengetahui karakteristik target kampanye, dan pelaksanaan kampanye itu sendiri. Karena penelitian ini bersifat evaluatif yang menitikberatkan pada proses evaluasi yang digunakan untuk peningkatan efektivitas kampanye. Oleh karena itu langkah audit komunikasi yang dilakukan adalah analisis, evaluasi, dan rekomendasi yang bertujuan untuk efektivitas kampanye stop konsumsi sirip hiu. Kesimpulan hasil penelitian yang ditemukan adalah kampanye Komunitas Save Sharks Indonesia sampai saat ini masih berjalan dengan baik dan semakin banyak masyarakat yang mengetahui betapa pentingnya isu ini untuk dipahami. Hal ini disebabkan kemampun komunitas ini yang sangat kreatif dan mendidik dalam menyampaikan pesan kampanye ini. Sebagai saran, diharapkan Save Sharks Indonesia terus menjajaki kerjasama yang baik dalam bentuk moril maupun materil dengan komunitas lingkungan hidup, organisasi, dan lembaga NGO (Non Government Organization) maupun lembaga pemerintahan agar kampanye ini menjadi isu penting dalam masyarakat yang wajib diketahui.
|| Pengguna : Perpustakaan || Tampilan terbaik dengan  Firefox