OPAC
Perpustakaan
Integrity, Trust, Compassion
 Deskripsi Lengkap
 Kembali
No. Panggil : S08-00087
Judul : Gambaran Coping pada Ibu dengan Anak Penyandang Autisma Non-Verbal
Pengarang : Astri Yunita
Penerbit dan Distribusi : FPSIKO
Subjek : Psikologi
Jenis Bahan : {007/00}
Lokasi :
 
  • Ketersediaan
  • File Digital: 1
  • Ulasan Anggota
  • Sampul
  • Abstrak
Nomor Panggil No. Barkod Ketersediaan
S08-00087 S08-00087 TERSEDIA
Ulasan Anggota:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 67826
 Abstrak
Gambaran Coping pada Ibu dengan Anak Penyandang Autisma Non-Verbal Setiap ibu tentunya pernah mengalami perasaan stres yang masing-masing berbeda selama mendampingi perkembangan buah hatinya. Khususnya ibu yang memiliki anak autisma non-verbal, yang selalu dihadapkan oleh kenyataan bahwa buah hati yang dicintainya berbeda dengan anak-anak lain seusianya. Coping stres diyakini sebagai strategi yang diharapkan bisa mengurangi stres yang sedang dirasakan. Setiap ibu tentunya memiliki cara tersendiri dalam menghilangkan stres yang ia rasakan tersebut. Untuk itu, penelitian ini bertujuan untuk melihat penerapan strategi coping yang telah dipilih oleh subyek selama menjadi ibu dari anak penyandang autisma non-verbal. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan dua orang subyek yang memiliki anak penyandang autisma non-verbal dengan rentang usia 15-20 tahun. Tipe penelitian yang digunakan adalah studi kasus. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara mendalam dan observasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa strategi coping yang telah diterapkan oleh ibu dari anak autisma non-verbal dapat mengurangi stress yang dirasakannya. Namun tidak semua individu yang mengalami stressor yang sama dikehidupannya menerapkan strategi coping yang juga serupa. Terdapat berbagai macam faktor yang memungkinkan terjadinya perbedaan tersebut, diantaranya yaitu tingkat perekonomian, tingkat pendidikan serta pengetahuan ibu terhadap gangguan autisma non-verbal yang dialami oleh anaknya. Kata kunci : gambaran coping, autisma non-verbal
|| Pengguna : Perpustakaan || Tampilan terbaik dengan  Firefox