Abstrak
NUR DEKRIYATI YULIAH. Pengaruh Supervisi Pengawas Sekolah dan
Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Etos Kerja Guru Sekolah Menengah Atas
Se Kecamatan Tanjung Priok Jakarta Utara. Tesis. Jakarta: Sekolah Pasca Sarjana
Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA 2014.
Penelitian ini merupakan survei dan bertujuan untuk menganalisis secara
empiris pengaruh supervisi pengawas sekolah dan kepemimpinan kepala sekolah
secara langsung terhadap etos kerja guru. Populasi terjangkau pada penelitian ini
adalah guru dari beberapa SMA Negeri di Jakarta Utara, sebanyak 100 responden.
Sampel penelitian diperoleh melalui metode simple random sampling melalui teknik
korelasi dengan tiga variabel yang terdiri dari dua variabel bebas, yaitu supervisi
pengawas sekolah dan kepemimpinan kepala sekolah serta satu variabel terikat, yaitu
etos kerja guru. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik kuesioner untuk semua
variabel. Data yang terkumpul selanjutnya dianalisis menggunakan teknik korelasi
dan analisis jalur. Sebelum data dianalisis, terlebih dahulu dilakukan analisis statistik
deskriptif dan uji persyaratan data (uji normalitas, uji linieritas dan uji
multikolineritas), sebelum uji analisis jalur (path analysis) dilakukan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Terdapat pengaruh langsung yang
signifikan supervisi pengawas sekolah terhadap etos kerja guru dengan 31 =
0,610 dan thitung = 3,962 > ttabel = 1,98; 2), pada taraf alpha 0,05 dan koefisien
regresi:
Y 12,668 0,326X . Terdapat pengaruh langsung yang signifikan
kepemimpinan kepala sekolah terhadap etos kerja guru dengan 32 = 0,761 dan
thitung = 8,441 > ttabel = 1,98; 3), pada taraf alpha 0,05 dan koefisien regresi:
Y 12,668 0,615X . Terdapat pengaruh langsung yang signifikan supervisi
pengawas sekolah terhadap kepemimpinan kepala sekolah dengan 21 = 0,532 dan
thitung = 6,222 > ttabel = 1,98, pada taraf alpha 0,05 dan koefisien regresi:
Y 39,725 0,602X . Hal ini dapat diartikan bahwa etos kerja guru dipengaruhi
oleh supervisi pengawas sekolah dan kepemimpinan kepala sekolah. Oleh karena itu, upaya pembentukkan etos kerja guru harus dibarengi peningkatan kedua faktor
tersebut.
Analisis korelasi menunjukkan : 1) Koefisien Determinasi (R square) Supervisi
Pengawas Sekolah (X1) terhadap Etos Kerja Guru (X3) adalah 37,2%, , 2) Koefisien
Determinasi (R square) Kepemimpinan Kepala Sekolah (X2) terhadap Etos Kerja
Guru (X3) adalah 57,9 %, 3) Koefisien Determinasi (R square) Supervisi Pengawas
Sekolah (X1) terhadap Kepemimpinan Kepala Sekolah (X3) adalah 28,3 %. Hasil
penelitian mengandung implikasi bahwa supervisi pengawas sekolah dan
kepemimpinan kepala sekolah dapat meningkatakan etos kerja guru.