OPAC
Perpustakaan
Integrity, Trust, Compassion
 Deskripsi Lengkap
 Kembali
No. Panggil : T092-00680
Judul : Hubungan antara Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Komitmen Tugas Mengajar dengan Kepuasan Kerja Guru di SMP Negeri Jakarta Pusat
Pengarang : Chelly Iman Setiane
Penerbit dan Distribusi : Pascasarjana
Subjek : Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah
Jenis Bahan : {007/00}
Lokasi :
 
  • Ketersediaan
  • File Digital: 1
  • Ulasan Anggota
  • Sampul
  • Abstrak
Nomor Panggil No. Barkod Ketersediaan
T092-00680 T092-00680 TERSEDIA
Ulasan Anggota:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 67738
 Abstrak
Chelly Iman Setiane. Hubungan antara Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Komitmen Tugas Mengajar dengan Kepuasan Kerja Guru di SMP Negeri Jakarta Pusat. Tesis. Program Studi Magister Administrasi Pendidikan, Sekolah Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. November 2013. Tesis ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara (1) gaya kepemimpinan kepala sekolah dan (2) komitmen tugas mengajar dengan (3) kepuasan kerja guru di SMP Negeri Kecamatan Kemayoran, Jakarta Pusat. Hipotesis penelitian ini terdiri dari: (1) terdapat hubungan positif antara gaya kepemimpinan kepala sekolah dan kepuasan kerja guru; (2) terdapat hubungan positif antara komitmen tugas mengajar dan kepuasan kerja guru; (3) terdapat hubungan positif antara gaya kepemimpinan kepala sekolah dengan komitmen tugas mengajar guru secara bersama-sama dengan kepuasan kerja guru. Populasi dalam penelitian ini adalah semua guru SMP Negeri di Kecamatan Kemayoran Jakarta Pusat, yang berjumlah 143 orang guru dari 4 SMP Negeri di wilayah Kecamatan Kemayoran. Adapun sampel yang menjadi responden dalam penelitian ini sebanyak 60 orang guru SMP Negeri di Kecamatan Kemayoran Jakarta Pusat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey dengan menggunakan instrumen penelitian kuesioner berbentuk skala dengan 5 kontinum. Teknik analisis data untuk variabel gaya kepemimpinan kepala sekolah (X1), komitmen tugas (X2), dan kepuasan kerja guru (Y) menggunakan kuesioner model skala likert. Analisis reliabilitas untuk variabel X1, X2, dan Y dihitung dengan rumus Alpha Cronbach, dan diperoleh nilai reliabilitas untuk variabel X1 sebesar rii = 0,7833 untuk variabel X2 sebesar rii = 0,8569 dan variabel Y sebesar rii= 0,8737 dalam penelitian ini semua data dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Statistik deskriptif digunakan untuk menyajikan data setiap variabel secara tunggal. Statistik inferensial digunakan untuk menguji hipotesis penelitian dengan menggunakan statistika korelasi sederhana, parsial, regresi sederhana dan regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, terdapat hubungan positif dan signifikan antara gaya kepemimpinan kepala sekolah dan kepuasan kerja guru, dengan persamaan regresi linier Ŷ= 64,403 + 0,366 X1 dan koefesisien korelasi ry1 = 0,4342 pada taraf α = 0,05. Nilai koefisien determinasi 18,85 %. Nilai koefisien determinasi tersebut menyatakan bahwa 18,85 % dari varians kepuasan kerja guru dapat dipengaruhi oleh gaya kepemimpinan kepala sekolah. Kedua, terdapat hubungan positif dan signifikan antara komitmen tugas dan kepuasan kerja guru, dengan persamaan regresi linier Ŷ= 53,88+0,449 X2 dan koefesisien korelasi ry2 = 0,571 pada taraf α = 0,05. Nilai koefisien determinasi 56,76 % dari varians kepuasan kerja guru dapat dipengaruhi oleh komitmen tugas. Ketiga, terdapat hubungan positif dan signifikan antara gaya kepemimpinan kepala sekolah dan komitmen tugas secara bersama-sama dengan kepuasan kerja guru, dengan persamaan regresi Ŷ= 53,74 + 0,008 X1+ 0,443 X2 dan koefesisien korelasi ry.12 = 0,774 pada taraf α = 0,05. Nilai koefisien determinasi 36,3 % berarti kepuasan kerja guru dapat dipengaruhi oleh gaya kepemimpinan kepala sekolah bersama- sama dengan komitmen tugas mengajar guru. Hasil penelitian diharapkan berguna dalam upaya peningkatan kualitas kerja kepala sekolah dan kepuasan kerja guru dengan mempertimbangkan kesimpulan penelitian ini. Kepuasan kerja guru (Y) dapat ditingkatkan dengan cara mengembangkan gaya kepemimpinan kepala sekolah (X1) dan menumbuhkan komitmen kuat pada tugas mengajar guru (X2).
|| Pengguna : Perpustakaan || Tampilan terbaik dengan  Firefox