OPAC
Perpustakaan
Integrity, Trust, Compassion
 Deskripsi Lengkap
 Kembali
No. Panggil : T092-00677
Judul : Hubungan antara Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Kelengkapan Sarana/Prasarana Pendidikan dengan Motivasi Kerja Guru SMK Negeri Kelompok Pariwisata di Jakarta selatan.
Pengarang : Retno Muswati
Penerbit dan Distribusi : Pascasarjana
Subjek : Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah
Jenis Bahan : {007/00}
Lokasi :
 
  • Ketersediaan
  • File Digital: 1
  • Ulasan Anggota
  • Sampul
  • Abstrak
Nomor Panggil No. Barkod Ketersediaan
T092-00677 T092-00677 TERSEDIA
Ulasan Anggota:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 67735
 Abstrak
Retno Muswati. Hubungan antara Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Kelengkapan Sarana/Prasarana Pendidikan dengan Motivasi Kerja Guru SMK Negeri Kelompok Pariwisata di Jakarta selatan. Tesis: Sekolah Pascasarjana Program Studi Magister Administrasi Pendidikan Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. Jakarta 2013. Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui, mengkaji, dan menganalisis adanya hubungan gaya kepemimpinan kepala sekolah dan kelengkapan sarana/prasarana pendidikan dengan motivasi kerja guru. Hipotesis yang diuji adalah: (1) terdapat hubungan positif antara gaya kepemimpinan kepala sekolah dengan motivasi kerja guru; (2) terdapat hubungan positif antara kelengkapan sarana/prasarana pendidikan dengan motivasi kerja guru; dan (3) terdapat hubungan positif antara gaya kepemimpinan kepala sekolah dan kelengkapan sarana/prasarana pendidikan secara bersama-sama dengan motivasi kerja guru. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metode survei. Populasi target dalam penelitian ini sebanyak 132 orang. Selanjutnya populasi tersebut dihomogenkan terlebih dahulu sehingga sampel yang diambil adalah khusus guru PNS. Dengan menggunakan rumus Slovin untuk menentukan populasi terjangkau sehingga guru yang dijadikan sampel adalah 100 orang dengan sebarannya yaitu pada SMKN 30 sebanyak 25 orang, SMKN 32 sebanyak 21 orang, SMKN 37 sebanyak 26 orang dan SMKN 57 sebanyak 28 orang. Dalam menentukan sampel maka penulis menggunakan teknik acak proporsional (proportional random sampling). Untuk uji coba instrumen sampel yang digunakan sebanyak 30 orang guru, yang diambil diluar sampel penelitian. Uji coba dilakukan untuk mengukur tingkat validitas instrumen yang dihitung dengan menggunakan rumus Product Moment dan mengukur tingkat reliabilitas instrumen yang dihitung dengan menggunakan rumus Alpha Cronbach. Untuk uji validitas kriteria pengujiannya adalah rhitung > rkritis pada = 0,05 (0,361) maka instrumen dikatakan valid. Sesuai perhitungan hasil uji coba instrumen menunjukkan bahwa rhitung yang diperoleh adalah lebih besar dari rkritis sehingga instrumen dikatakan valid, kecuali pada item pertanyaan/pernyataan nomor 5, 13, 21, 26 dan 31 pada variabel Y, item nomor 13, 18, 28, 31 dan 34 pada variabel X1 dan pada item nomor 13, 18, 25 dan 34 pada variabel X2 sehingga item-item tersebut selanjutnya tidak dapat digunakan dalam penelitian. Sedangkan untuk uji reliabilitas kriteria yang digunakan adalah nilai Alpha Cronbach yang diperoleh pada rhitung > rtabel maka instrumen dinyatakan reliabel. Sesuai hasil uji reliabilitas dapat diketahui bahwa nilai Alpha Cronbach yang diperoleh untuk variabel motivasi kerja guru rhitung = 0,981; untuk variabel gaya kepemimpinan kepala sekolah rhitung = 0,970; dan untuk variabel kelengkapan sarana/prasarana pendidikan rhitung = 0,961. Berdasarkan pada hasil pengujian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa item-item pada semua variabel dinyatakan reliabel. Untuk hasil penelitian dapat disimpulkan hal-hal sebagai berikut: Pertama terdapat hubungan positif dan signifikan antara gaya kepemimpinan kepala sekolah (X1) dengan motivasi kerja guru (Y) dengan persamaan regresi , dengan koefisien korelasi ry1 = 0,648 dan koefisien determinasi D = (ry1)2 = 0,419 signifikan pada = 0,05. Kedua terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kelengkapan sarana/prasarana pendidikan (X2) dengan motivasi kerja guru (Y) dengan persamaan regresi , dengan koefisien korelasi ry2 = 0,626 dan koefisien determinasi D = (ry2)2 = 0,3919 signifikan pada = 0,05. Ketiga terdapat hubungan positif dan signifikan antara gaya kepemimpinan kepala sekolah (X1) dan kelengkapan sarana/prasarana pendidikan (X2) secara bersama-sama dengan motivasi kerja guru (Y) dengan persamaan regresi , dengan koefisien korelasi Ry.12 = 0,710 dan koefisien determinasi R2 = 0,504 signifikan pada = 0,05. koefisien korelasi antara Y dan X1, apabila X2 dikontrol diperoleh ry1.2 = 0,4301 dan r2 y1.2 = 0,185 dengan th = 4,692 sedangkan koefisien korelasi antara Y dan X2, jika X1 dikontrol diperoleh ry2.1 = 0,3816 dan r2 y2.1 = 0,146 dengan th = 4,006 Dengan demikian maka dapat dikatakan bahwa antara gaya kepemimpinan kepala sekolah dan kelengkapan sarana/prasarana pendidikan baik secara sendiri-sendiri maupun secara bersama-sama dapat memberi sumbangan yang sangat berarti dalam upaya meningkatkan motivasi kerja guru, sehingga diharapkan agar hasil penelitian ini dapat dijadikan acuan dalam membangun sebuah sekolah yang kuat dan mandiri demi tercapainya tujuan sekolah secara efektif dan efisien.
|| Pengguna : Perpustakaan || Tampilan terbaik dengan  Firefox