Abstrak
Noor Imanah, Evaluasi Pelaksanaan Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) di Sekolah
Dasar Islam Al Azhar1 kebayoran Baru Jakarta Selatan. Tesis. Program Pascasarjana
Sekolah Pasca Sarjana Universitas Muhammadiyah Prof DR. Hamka, 2014.
Tesis ini bertujuan untuk mengungkapkan apakah pelaksanaan Manajemen
Berbasis Sekolah (MBS) di Sekolah Dasar Islam Al Azhar 1 Kebayoran Bam Jakarta
Selatan telah sesuai dengan Undang Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem
Pendidikan, Pasal 51 Ayat (1) : Pengelolaan satuan pendidikan anak usia dini,
pendidikan dasar dan pendidikan menengah dilaksanakan berdasarkan standar
pelayanan minimal dengan prinsip manajemen berbasis sekolah/madrasah dan
bersadarkan tujuh (7) prinsip Manajemen Berbasis Sekolah (MBS)
Metode yang digunakan adalah kombinasi metode deskriptif dan evaluasi CIPP
(Context, Input, Process, Product). Data diperoleh dengan menggunakan telaah
dokumen, observasi, wawancara, catatan lapangan dan dianalisis kualitatif dengan
model interaktif Miles dan Huberman. Triangulasi dilakukan dengan kombinasi
triangulasi sumber dan triangulasi metode yang dilakukan bersamaan dengan
pengumpulan data.
Hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut : (1) Kesesuaian konteks
yang meliputi kebijakan pemerintah, Visi Misi Sekolah, landasan konseptual dan
landasan hukum,dan kebutuhan masyarakat terhadap Pelaksanaan Manajemen Berbasis
Sekolah(MBS) pada Sekolah Dasar Islam Al Azhar 1 kebayoran Bam, dalam kategori
sangat baik; (2) Kesesuaian input dengan standar input yang meliputi kepemimpinan
kepala sekolah, manajemen kurikulum dan pembelajaran berbasis sekolah, manajemen
peserta didik, manajemen pendidik dan tenaga kependidikan, manajemen sarana dan
prasarana sekolah, manajemen pembiayaan, administrasi, dan manajemen hubungan
sekolah dan masyarakat pada Sekolah Dasar Islam Al Azhar 1 kebayoran Bam, dalam
kategori baik; (3) Kesesuaian proses dengan proses manajerial kepala sekolah, proses
belajar mengajar, dan pengembangan dan budaya lingkungan sekolah, pada Sekolah
Dasar Islam Al Azhar 1 kebayoran Barn, dalam kategori samgat baik; (4) Kesesuaian
produk dengan standar prestasi akademik, prestasi non akademik serta outcome jangka
panjang dari hasil belajar pada Sekolah Dasar Islam Al Azhar I kebayoran Barn, dalam
kategori baik. Kelebihan dari SD Islam Al Azhar I adalah kebijakan-kebijakan
program dan komitmen dalam melaksanakannya dalam upaya meningkatkan potensi
peserta didik secara optimal demi kemajuan dunia pendidikan.Namun ada hal yang
perlu ditingkatkan demi berjalannya manajemen yang lebih baik, antara lain adalah
kepemimpinan kepala sekolah, reward dan juga punihsment diberikan secara seimbang
kepada para tenaga pensdidik dan kependidikan, sebagai motivasi untuk meningkatkan
kinerja dan manajemen yang terlaksana dengan baik, serta penambahan prasarana dan
perneliharaan yang baik.