OPAC
Perpustakaan
Integrity, Trust, Compassion
 Deskripsi Lengkap
 Kembali
No. Panggil : T092-00651
Judul : Evaluasi Pelaksanaan Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) di Sekolah Dasar Islam Al Azhar1 kebayoran Baru Jakarta Selatan
Pengarang : Noor Imanah
Penerbit dan Distribusi : Pascasarjana
Subjek : Evaluasi Manajemen Berbasis Sekolah
Jenis Bahan : {007/00}
Lokasi :
 
  • Ketersediaan
  • File Digital: 0
  • Ulasan Anggota
  • Sampul
  • Abstrak
Nomor Panggil No. Barkod Ketersediaan
T092-00651 T092-00651 TERSEDIA
Ulasan Anggota:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 67726
 Abstrak
Noor Imanah, Evaluasi Pelaksanaan Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) di Sekolah Dasar Islam Al Azhar1 kebayoran Baru Jakarta Selatan. Tesis. Program Pascasarjana Sekolah Pasca Sarjana Universitas Muhammadiyah Prof DR. Hamka, 2014. Tesis ini bertujuan untuk mengungkapkan apakah pelaksanaan Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) di Sekolah Dasar Islam Al Azhar 1 Kebayoran Bam Jakarta Selatan telah sesuai dengan Undang Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan, Pasal 51 Ayat (1) : Pengelolaan satuan pendidikan anak usia dini, pendidikan dasar dan pendidikan menengah dilaksanakan berdasarkan standar pelayanan minimal dengan prinsip manajemen berbasis sekolah/madrasah dan bersadarkan tujuh (7) prinsip Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) Metode yang digunakan adalah kombinasi metode deskriptif dan evaluasi CIPP (Context, Input, Process, Product). Data diperoleh dengan menggunakan telaah dokumen, observasi, wawancara, catatan lapangan dan dianalisis kualitatif dengan model interaktif Miles dan Huberman. Triangulasi dilakukan dengan kombinasi triangulasi sumber dan triangulasi metode yang dilakukan bersamaan dengan pengumpulan data. Hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut : (1) Kesesuaian konteks yang meliputi kebijakan pemerintah, Visi Misi Sekolah, landasan konseptual dan landasan hukum,dan kebutuhan masyarakat terhadap Pelaksanaan Manajemen Berbasis Sekolah(MBS) pada Sekolah Dasar Islam Al Azhar 1 kebayoran Bam, dalam kategori sangat baik; (2) Kesesuaian input dengan standar input yang meliputi kepemimpinan kepala sekolah, manajemen kurikulum dan pembelajaran berbasis sekolah, manajemen peserta didik, manajemen pendidik dan tenaga kependidikan, manajemen sarana dan prasarana sekolah, manajemen pembiayaan, administrasi, dan manajemen hubungan sekolah dan masyarakat pada Sekolah Dasar Islam Al Azhar 1 kebayoran Bam, dalam kategori baik; (3) Kesesuaian proses dengan proses manajerial kepala sekolah, proses belajar mengajar, dan pengembangan dan budaya lingkungan sekolah, pada Sekolah Dasar Islam Al Azhar 1 kebayoran Barn, dalam kategori samgat baik; (4) Kesesuaian produk dengan standar prestasi akademik, prestasi non akademik serta outcome jangka panjang dari hasil belajar pada Sekolah Dasar Islam Al Azhar I kebayoran Barn, dalam kategori baik. Kelebihan dari SD Islam Al Azhar I adalah kebijakan-kebijakan program dan komitmen dalam melaksanakannya dalam upaya meningkatkan potensi peserta didik secara optimal demi kemajuan dunia pendidikan.Namun ada hal yang perlu ditingkatkan demi berjalannya manajemen yang lebih baik, antara lain adalah kepemimpinan kepala sekolah, reward dan juga punihsment diberikan secara seimbang kepada para tenaga pensdidik dan kependidikan, sebagai motivasi untuk meningkatkan kinerja dan manajemen yang terlaksana dengan baik, serta penambahan prasarana dan perneliharaan yang baik.
|| Pengguna : Perpustakaan || Tampilan terbaik dengan  Firefox