OPAC
Perpustakaan
Integrity, Trust, Compassion
 Deskripsi Lengkap
 Kembali
No. Panggil : T092-00670
Judul : Hubungan antara Gaya Kepemimpinan kepala sekolah dan Gaya kepengikutan guru dengan Iklim sekolah SMP di Kecamatan Parungpanjang kabupaten Bogor
Pengarang : Dede engkon
Penerbit dan Distribusi : Pascasarjana
Subjek : Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah
Jenis Bahan : {007/00}
Lokasi :
 
  • Ketersediaan
  • File Digital: 1
  • Ulasan Anggota
  • Sampul
  • Abstrak
Nomor Panggil No. Barkod Ketersediaan
T092-00670 T092-00670 TERSEDIA
Ulasan Anggota:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 67721
 Abstrak
Dede engkon, Hubungan antara Gaya Kepemimpinan kepala sekolah dan Gaya kepengikutan guru dengan Iklim sekolah SMP di Kecamatan Parungpanjang kabupaten Bogor. Tesis Sekolah Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka, 2013 Tesis ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara gaya kepemimpinan kepala sekolah dan gaya kepengikutan guru dengan iklim sekolah SMP di Kecamatan Parungpanjang Kabupaten Bogor. Penelitian dilakukan dilingkungan SMP kecamatan parungpanjang kabupaten Bogor. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode survei, menggunakan kuesioner atau daftar pertanyaan yang ditunjukan pada responden. Populasi target adalah adalah seluruh guru SMP kecamatan Parungpanjang kabupaten Bogor dengan teknik sampling yang digunakan adalah random sampling. Jumlah populasi yang ada sebanyak 341 guru dan jumlah sampel berdasarkan rumus Slovin sebanyak 77 guru. Dalam penelitian terdapat 3 hipotesis yaitu: pertama terdapat hubungan antara gaya kepemimpinan kepala sekolah dengan iklim sekolah. Kedua, terdapat hubungan antara gaya kepengikutan guru dengan iklim sekolah. Ketiga terdapat hubungan antara gaya kepemimpinan kepala sekolah dan gaya kepengikutan guru dengan iklim sekolah. Instrumen berupa kuesioner berskala likert, dengan jumlah pilihan (option) sebanyak 4, yang terdiri Tidak pernah (1), jarang (2), Kadang-kadang (3) dan Sering (4). Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa :pertama ;gaya kepemimpinan kepala sekolah memiliki hubungan yang sangat signifikan terhadap iklim sekolah, ini ditandai dengan nilai koefesien korelasi sebesar 0.813 dan nilai koefisien korelasi parsial sebesar 0,552 (jika dibandingkan dengan nilai tabel r, dengan α = 0,05 dan n=77 adalah 0.224). dari korelasi parsial tersebut menunjukan gaya kepengikutan guru memiliki peran penting dalam iklim sekolah dan gaya kepemimpinan kepala sekolah. Kedua; gaya kepengikutan guru memiliki hubungan yang sangat signifikan terhadap iklim sekolah, ini bisa dilihat pada nilai koefesien korelasi sebesar 0.791 dan nilai koefisien korelasi parsial sebesar 0,483, hal ini menjelaskan bahwa gaya kepemimpinan kepala sekolah memiliki peran penting dalam menciptakan iklim sekolah dan gaya kepengikutan guru.Ketiga; jika dilakukan uji secara serentak hubungan antara gaya kepemimpinan kepala sekolah dan gaya kepengikutan guru terhadap iklim sekolah maka diperoleh nilai koefesien korelasi sebesar 0.860.Dengan hasil yang seperti ini maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara gaya kepemimpinan kepala sekolah dan gaya kepengikutan guru dengan iklim sekolah. Temuan ini mengandung arti bahwa semakin baik gaya kepemimpinan kepala sekolah dan gaya kepengikutan guru maka akan semakin baik pula iklim sekolah. Sebaliknya makin buruk gaya kepemimpinan kepala sekolah dan gaya kepengikutan guru maka akan semakin buruk pula iklim sekolah. Pada akhirnya hasil penelitian ini di harapkan dapat bermanfaat bagi dunia pendidikan dan khususnya untuk peningkatan iklim sekolah di lingkungan SMP kecamatan Parungpanjang kabupaten Bogor. Kata kunci :iklim sekolah, gaya kepemimpinan kepala sekolah, gaya kepengikutan guru
|| Pengguna : Perpustakaan || Tampilan terbaik dengan  Firefox